Ahad 22 Jan 2017 16:48 WIB

Dompet Dhuafa Resmikan RS AKA Medika Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Budi Raharjo
Ketua Pembina Yayasan Dompet Dhuafa, Parni Hadi (tengah), menandatangani prasasti tanda beroperasinya RS AKA Medika Sribhawono di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Sabtu (21/1).
Foto: mursalin yasland
Ketua Pembina Yayasan Dompet Dhuafa, Parni Hadi (tengah), menandatangani prasasti tanda beroperasinya RS AKA Medika Sribhawono di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Sabtu (21/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG –- Yayasan Dompet Dhuafa meresmikan beroperasinya Rumah Sakit (RS) AKA Medika Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Sabtu (21/1) petang. Kehadiran RS AKA Medika yang dikelola Dompet Dhuafa, sebagai bagian pengembangan layanan kesehatan bagi masyarakat.

RS AKA Medika Sribhawono merupakan rumah sakit kedua yang telah dibangun Dompet Dhuafa, setelah membangun RS Rumah Sehat Terpadu di Parung, Kabupaten Bogor tahun 2012. Rumah sakit ini sebelumnya milik dokter spesialis jantung pertama di Lampung. Sejak saat ini, RS AKA Medika Sribhawono telah dialih kelola oleh Dompet Dhuafa dengan konsep wakaf produktif.

Ketua Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi mengatakan, donasi tanpa dhuafa tidak ada apa-apanya, jadi tetap bersyukur adanya kaum dhuafa sehingga semua masih dapat beramal.

"Saya ingin rumah sehat bukan rumah sakit. Kalau sakit fisik masuk rumah sakit sehat, keluar sakit kantong," ujar pendiri Dompet Dhuafa pada tasyakura, akbar RS AKA Medika Sribhawono.

Menurutnya, rumah sakit hanya sebagai wahana. Di RS AKA Medika, harus menyediakan layanan kesejahteraan holistik masyarakat. "Jadi saya ingin sehat fisik, ekonomi, fisik, dan rohani," ujarnya.

Direktur RS AKA Medika Sribhawono, Drg Wahyu Prabowo mengatakan, rumah sakit ini selalu mengusung nilai-nilai kemanusiaan. "Ini rumah sakit kedua yang dibangun Dompet Dhuafa setelah di Parung, Bogor," katanya.

Pembangunan lima rumah sakit yang dikelola Dompet Dhuafa tersebut, akan dibiayai dari dana wakaf yang dihimpun Dompet Dhuafa. Rumah sakit yang akan dibangun lagi tersebut, setelah di Bogor, Lampung, juga di Banten dan Jakarta.

Konsep lima rumah sakit yang dikelola Dompet Dhuafa, seperti RST Parung Bogor, yakni konsep terintegrasi subsidi silang. Kaum dhuafa tetap mendapatkan layanan kesehatan gratis yang prima. Namun, bagi masyarakat biasa bisa membayar dengan biaya yang relatif terjangkau atau melalui akses BPJS yang telah dimiliki.

Sebelumnya, RS Aka Medika Sribhawono sudah beroperasi sejak awal Desember 2016. Kedua RS yang sudah beroperasi di bawah kelolaan Dompet Dhuafa saat ini jadi upaya Dompet Dhuafa bahwa zakat, infak, sedekah, dan wakaf masyarakat yang dikelola profesional akan memberi dampak bagi banyak orang.

Program wakaf merupakan salah satu pilar penting di Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa tidak hanya menerima tapi juga mengelola amanah wakif bagi mauquf alaih (penerima wakaf).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement