Ahad 22 Jan 2017 17:46 WIB

Saat Jokowi Dipertemukan dengan Hobi Memanah

Rep: Debbie Sutrisno‎/ Red: Angga Indrawan
Presiden Jokowi menjadi peserta lomba panahan kelas Eksekutif Nasional, Ahad (21/1).
Foto: Kemenpora.
Presiden Jokowi menjadi peserta lomba panahan kelas Eksekutif Nasional, Ahad (21/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- ‎ Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki hobi baru yakni memanah. Bahkan Jokowi pun sudah ikut dalam lomba memanah di Bogor, Ahad (22/1). Meski tak mencatatatkan poin tinggi, Jokowi mengaku hasil bidikannya cukup memuaskan.

Pelatih Jokowi, Mohamad Rizal Barnadi menceritakan, ketertarikan Jokowi untuk bisa memanah diawali ketika dirinya berada di Solo. Rumah Jokowi yang berada di dekat lapang panahan membuat mantan wali kota Solo ini ingin sekali belajar memanah. Namun, keinginan tersebut belum bisa terwujud.

"Pak Jokowi penasaran ingin mencoba, dan waktu sekarang dia baru bisa nyoba," kata Rizal, Ahad (21/1).

Pertemuannya dengan Jokowi, kata dia, dimulai ketika pihak Istana meminta ada perwakilan dari Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) yang ada di Bogor untuk melatih. Dengan sigap Perpani Bogor pun memfasilitasi keinginan tersebut.

Menurut Rizal yang juga ketua Perpani Bogor ini, pihaknya telah menawari Presiden Jokowi untuk lebih serius dan menjadi pemanah profesional. Akan tetapi, dengan kesibukannya Jokowi memilih untuk menjadikan olahraga ini sebagai hobi barunya. Dan untuk berlatih, Jokowi tinggal memanggil perwakilan dari Perpani untuk membantu dan mengajarkan teknik serta trik memanah.

‎Jokowi telah berlatih sejak September 2016. Dia bersama keluarganya kerap berlatih bersama pada hari Sabtu dan Minggu di Bogor. Yang paling sering menemani adalah puteranya, Kaesang. Sebelum berlatih, Jokowi kerap lari kecil mengelilingi Istana Kepresidenan di Bogor. Barulah berlatih memanah maksimal dua jam setiap hari.

Rizal bersama anggota Perpani Bogor lainnya bergantian mengajari Jokowi berlatih. Meski agak kaku dan sungkan karena yang dilatih adalah pemimpin nomor satu di negara ini, suasana berlatih kemudian bisa mencari karena Jokowi menghargai para pelatih ketika sedang belajar memanah.

"Perkembangannya cukup baik dibuktikan bapak mendapat satu nilai sempurna. Tapi ini tujuannya juga untuk hobi, jadi pelatih tidak bisa mendorong bapak menjadi atlet," kata Rizal.

Baca: Ikut Lomba Panahan, Jokowi Bangga dengan Hobi Barunya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement