Selasa 07 Feb 2017 21:53 WIB

BPBD: Gunung Sinabung Terus Erupsi

Red: Yudha Manggala P Putra
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik ketika erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Rabu (25/5).
Foto: Antara/Endro Lewa
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik ketika erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Rabu (25/5).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, terus mengalami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik.

Dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Selasa (7/2), Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sejak 2 Februari 2017 tercatat Gunung Sinabung 47 kali mengalami erupsi.

Pada 2 Februari terjadi delapan kali erupsi, 3 Februari 12 kali erupsi, 4 Februari 12 kali erupsi, 5 Februari tujuh erupsi, sedangkan pada 6-7 Februari terjadi delapan kali erupsi.

Dari Pos Pengamatan Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), teramati erupsi tersebut disertai luncuran awan panas yang mengarah ke daerah sekitarnya.

Erupsi disertai suara dentuman, kolom abu putih tebal keabuan mencapai ketinggian 1.000-2.000 meter dari puncak gunung, termasuk guguran lava meluncur sejauh 500-2000 meter.

Sejak Juni 2015 hingga sekarang, status Gunung Sinabung tetap "Awas" (level IV) dan tidak dapat diprediksi aktivitas vulkaniknya akan menurun. BNPN terus memberlakukan larangan terhadap masyarakat dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak.

Larangan itu juga diberlakukan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, jarak enam kilometer (km) untuk sektor tenggara-timur serta jarak empat km untuk sektor utara-timur gunung.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu dari Gunung Sinabung juga diingatkan agar selalu waspada terhadap potensi bahaya lahar. Dengan makin meluasnya daerah yang berbahaya maka jumlah masyarakat yang harus direlokasi juga bertambah.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالُوْا يٰلُوْطُ اِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَّصِلُوْٓا اِلَيْكَ فَاَسْرِ بِاَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ الَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ اَحَدٌ اِلَّا امْرَاَتَكَۗ اِنَّهٗ مُصِيْبُهَا مَآ اَصَابَهُمْ ۗاِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۗ اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ
Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Lut! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah beserta keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?”

(QS. Hud ayat 81)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement