Rabu 08 Feb 2017 18:06 WIB

Ini Kronologi Penemuan Anggota Kopassus yang Tewas

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Teguh Firmansyah
Petugas Basarnas melakukan pencarian terhadap seorang anggota Kopassus, Sertu Danang, yang hilang saat melakukan latihan terjun payung di sekitar perairan Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/2).
Foto: Antara/Aji Styawan
Petugas Basarnas melakukan pencarian terhadap seorang anggota Kopassus, Sertu Danang, yang hilang saat melakukan latihan terjun payung di sekitar perairan Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pencarian seorang anggota TNI AD yang hilang saat mengikuti latihan pemeliharaan kemampuan terjun payung di perairan Tanjung Emas, Semarang membuahkan hasil.

Namun prajurit atas nama Sersan Satu (Sertu) Danang Kusuma Wardani, anggota korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ini ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa, pada Rabu (8/2) pagi.

Jasad anggota Detasemen 81 Gultor Cijantung ini ditemukan di perairan pantai Cipta --sekitar 2 kilometer dari lokasi kali pertama korban diketahui mendarat dan dikabarkan hilang-- oleh tim pencari, gabungan TNI, Polairud dan Basarnas.

Kepala Basarnas kantor SAR Semarang, Haryono membenarkan informasi penemuan jenazah prajurit TNI AD yang sebelumnya dikabarkan hilang ini. “Betul, anggota TNI AD yang semula dikabarkan hilang sudah ditemukan,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan informasi yang diterimanya, penemuan anggota TNI peserta latihan terjun ini bermula dari upaya penyisiran melalui laut dan darat yang dilakukan kembali mulai pukul 05.00 WIB oleh tim pencari.

Pada pukul 06.00 WIB tiga personel pencari –masing- masing atas nama Sertu Supriyanto, Sertu Seto dan Sertu Yudha Cahya-- menemukan korban terhempas ombak di pinggir Pantai Cipta, kawasan Bandarharjo.

Atas temuan ini, Sertu Supriyanto langsung menghubungi Komandan Latihan Terjun Bebas Militer, Mayor Inf Wimoko. Selanjutnya seluruh tim pencari termasuk ambulan segera menuju lokasi untuk melaksanakan evakuasi.

Baca juga, Penerjun Kopassus yang Hilang Ditemukan Meninggal Dunia.

Tim penolong selanjutnya membawa jenazah sert Danang dengan menggunakan Ambulance Kopassus menuju Rumah Sakit Tentara (RST) Wira Tamtama Kodam IV/Diponegoro, Semarang.

“Selanjutnya, jenazah Sertu Danang Kusuma Wardani disemayamkan di Skadron 31/Serbu Puspenerbad TNI AD, kompleks Lanumad Ahmad Yani Semarang sebelum dipulangkan,” jelasnya.

Sebelumnya dikabarkan, pada Selasa (7/2) di Skadron 31/Serbu Puspenerbad TNI AD telah dilaksanakan latihan penerjunan oleh anggota Detasemen 81 Kopassus Cijantung dengan personel 56 orang pendukung.

Sesuai kalender latihan, penerjunan dilakukan dua kali imulai dari Skadron 31/Serbu dan mendarat di Pantai Marina Semarang, yang diikuti 11 personil Detasemen 81 Kopassus Cijantung.

Namun pada saat penerjunan, Sembilan orang personel berhasil mendarat dengan aman di pantai Marina. Sementara dua orang penerjun, masing- masing Sertu Danang dan Sersan dua (Serda) Beni terhempas angin angin dan mendarat di perairan Tanjung Emas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement