Ahad 26 Feb 2017 10:22 WIB

Sejarah Hari Ini: Napoleon Melarikan Diri dengan Menyamar Anggota Karnaval

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Napoleon Bonaparte
Foto: bestpictureblog.com
Napoleon Bonaparte

REPUBLIKA.CO.ID,  Pada 26 Februari 1815 Napoleon Bonaparte dan para pendukungnya meninggalkan Pulau Elba di Italia untuk memulai kampanye perang guna menaklukan Prancis. Seperti dilansir Elbaworld, Napoleon melarikan diri dari Pulau Elba pada malam hari dengan menyamar sebagai anggota karnaval.

Napoleon sangat berharap bisa mengambil alih kekuasaan Prancis kembali usai dia diasingkan di Pulau Elba. Namun  sayang ia hanya bisa berkuasa selama 100 hari.

Usai kembali ke Prancis, Napoleon memimpin pasukan Prancis dalam Perang Waterloo pada 18 Juni 1815 di dekat Kota Waterloo, selatan Brussels. Namun rupanya ini jadi  perang terakhir  sang pemimpin hebat Napoleon.

Kaisar Napoleon yang memimpin pasukan Prancis kalah melawan pasukan Inggris, Belanda, Jerman dalam Perang Waterloo.  Kekalahan hebat dialami Sang Kaisar hingga akhirnya ia mendapatkan hukuman dengan diasingkan di Pulau Saint Helena yang terletak di Samudra Atalantik dan dijaga ketat oleh tentara Inggris. Ia menghabiskan sisa hidupnya hingga meninggal dunia di Pulau Saint Helena.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ
Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

(QS. Ali 'Imran ayat 159)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement