Kamis 16 Mar 2017 08:49 WIB

‘Pelatih Barcelona Selanjutnya Harus Ikuti Warisan Cruyff’

Rep: Agus Raharjo/ Red: Andri Saubani
Joan Laporta
Foto: Reuters
Joan Laporta

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA—Legenda Johan Cruyff  menjadi sosok yang dianggap paling penting dalam perkembangan klub Barcelona. Hampir setahun wafatnya pemain asal Belanda itu, majalah Revista Panenka mendedikasikan edisi khusus untuk menghormati tokoh berpengaruh di tim Katalan.

Mantan Presiden klub Barcelona, Joan Laporta menilai Cruyff adalah sosok penting dalam sejarah klub Barcelona. Dia menjadi inspirasi dan karyanya berhasil disempurnakan oleh murid-muridnya. Laporta menilai, pelatih Barcelona selanjutnya harus mengikuti apa yang sudah ditinggalkan Cruyff. “Pelatih Barcelona berikutnya harus mengikuti warisannya,” tutur Laporta dikutip dari Marca, Kamis (16/3).

Laporta bahkan mengakui dalam kepemimpinan Cruyff di Blaugrana. Dia telah memilih pelatih-pelatih yang sesuai dengan rekomendasi Cruyff.  “Saya memilih Rijkaard, Txiki Begiristain (direktur sepakbola) dan Pep Guardiola karena Johan yang mengatakannya pada saya,” ungkap Laporta.

Berkat apa yang sudah diberikan Cruyff di Barcelona, kini klub yang bermarkas di Camp Nou diakuti sebagai klub terbaik di dunia. Barcelona akan kehilangan pelatih mereka saat ini Luis Enrique yang sudah menyatakan akan mundur pada musim panas nanti. Kini, tim Katalan harus bergerak mencari sosok pengganti yang akan menangani Lionel Messi dan rekan-rekan.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement