Jumat 17 Mar 2017 05:14 WIB

Makanan Bebas Gluten Makin Picu Diabetes

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan bebas gluten. Ilustrasi.
Foto: Sciencealert
Makanan bebas gluten. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan dengan label bebas gluten telah banyak tersedia di supermarket beberapa tahun belakangan. Belum lagi para selebritas seperti Gwyneth Paltrow, Miley Cyrus, dan Victoria Beckham yang memuji diet bebas gluten.

Namun, benarkah makanan yang bebas gluten benar-benar baik bagi tubuh? James Brown, dosen jurusan Biologi dan Ilmu Biomedikal di Universitas Aston, Inggris, mengulas fakta tentangnya.

Ia menjelaskan, gluten adalah protein yang terkandung dalam serealia seperti gandum, rye, dan barley. Kandungan tersebut sangat berguna, salah satunya untuk memberikan elastisitas pada adonan, membantunya mengembang dan berbentuk, serta membuat tekstur menjadi kenyal.

Namun, protein tersebut tidak memberikan pengaruh baik untuk orang-orang dengan penyakit celiac yang menyerang satu dari 100 orang di dunia. Gangguan autoimun itu membuat tubuh salah bereaksi dan menganggap gluten sebagai ancaman. "Bagi pengidap penyakit ini, menghindari gluten pada makanan adalah satu-satunya cara yang mungkin dilakukan untuk mengendalikan gejalanya, yakni diare, sakit perut, dan kembung," tutur Brown.

Ia berpendapat, mereka yang tidak mengidap penyakit celiac tak perlu menghindari makanan yang mengandung gluten. Brown juga mengutip hasil penelitian Universitas Harvard yang mengungkap hubungan antara diet bebas gluten dengan risiko diabetes tipe dua.

Studi yang menganalisis 200 ribu kasus kesehatan itu menjumpai bahwa mereka yang paling banyak terpapar gluten justru 80 persen berisiko lebih rendah mengidap diabetes tipe dua. Brown mengatakan, temuan ilmiah itu diharapkan bisa mencegah orang agar tidak melakukan diet bebas gluten tanpa dasar kesehatan, dilansir laman Sciencealert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement