Sabtu 18 Mar 2017 05:12 WIB

Prajurit Lantamal VI Latihan Uji Pangkalan

Red: Andi Nur Aminah
Prajurit TNI AL Makolantamal VI Makassar (ilustrasi)
Foto: Republika/Yusran Uccang
Prajurit TNI AL Makolantamal VI Makassar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) melakukan uji pangkalan dengan cara berlatih pengiriman dan penerimaan berita melalui isyarat lampu. "Ini adalah salah satu langkah yang kita tempuh untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan para personil kita dalam menjaga kedaulatan NKRI," ujar Kepala Satuan Komunikasi (Kasatkom) Lantamal VI Mayor Laut (P) Hadi Sasono di Makassar, Jumat (17/3).

Dia mengatakan, uji pangkalan ini diikuti oleh personel Satuan Komunikasi (Satkom) Lantamal VI . Para anggota pun dilatih mengasah kemampuannya. Latihan dilaksanakan di ruang pemantau. Selain menerima berita, mereka juga mempraktikkan cara mengirim berita melalui isyarat lampu.

"Latihan lampu ini sangat penting bagi para personel Satkom Lantamal VI untuk mengasah kemampuannya dalam bidang isyarat lampu. Kemarin kami juga melakukan latihan isyarat bendera," terangnya.

Menurutnya lampu isyarat dianggap sebagai sarana komunikasi yang aman dan mudah digunakan selama alat-alat komunikasi berbasis radio sedang tidak bisa dipakai. Atau tidak boleh digunakan pada saat menghindari penyadapan oleh musuh.

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dasar masing-masing personel, latihan ini juga bertujuan untuk menguji kecakapan serta keterampilan tiap-tiap prajurit.

Adapun beberapa materi yang diujikan kemampuan dasar seperti baris berbaris, penguasaan senjata dan teknik menembak, taktik pertahanan pangkalanan.

Latihan penanganan bahaya kebakaran dan latihan kemampuan dasar lainnya yang wajib diketahui dan dikuasai oleh masing-masing prajurit.

"Sebagai prajurit TNI kita harus bela negara dan bertanggung jawab atas keutuhan NKRI. Untuk itu kita akan terus menggelar latihan agar seluruh personel siap mengantisipasi serangan dari luar dan siap mempertahankan NKRI," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement