Selasa 21 Mar 2017 18:14 WIB

Remaja Pecinta Alquran Jawa Timur Ikuti AFF 2017

Red: Agus Yulianto
Ustaz Ahmad Faiz Khudlari
Foto: dok.Istimewa
Ustaz Ahmad Faiz Khudlari

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sekian banyak remaja pecinta Alquran yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur akan mengikuti event akbar Alquran Fantastic Festival 2017. Berdasarkan rekaptulasi pendaftaran peserta yang berakhir Sabtu kemarin, para peserta tersebut tak hanya berasal dari Surabaya, peserta berasal dari Sidoarjo, Lumajang, Ponorogo, Madiun, Gresik, Jombang, Jember, Lamongan, Pasuruan, Madura, Magetan, Malang, dan Kediri.

Dalam keterangannya yang disampaikan kepada Republika.co.id, hari ini, Puket III STIDKI Ar-Rahmah Ustaz Ahmad Faiz Khudlari Thoha mengatakan, Alquran Fantastic Festival (AFF) adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh BEM Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar-Rahmah Surabaya yang diikuti seluruh pelajar SMA/MA/SMK sederajat, se-Jawa Timur, khusus ikhwan.

AFF kali ini bertema “Membangkitkan Semangat Generasi Muda Menyongsong Masa Depan Dengan Alquran”, diselenggarakan di Kampus STIDKI Ar-Rahmah, 24-25 Maret mendatang. AFF 2017 dibagi menjadi tiga jenis lomba yakni :  Musabaqah Tilawatil Quran (24 Maret), Musabaqah Hifdzil Quran 3 Juz (Juz 29, 30, dan 1) dan Dai Muda pada 25 Maret. Total hadiah untuk ketiga jenis lomba yang pendaftarannya gratis tersebut adalah Rp 10 juta dan trophy serta sertifikat.

Peserta adalah siswa SMA/SMK sederajat, setiap peserta hanya boleh mengikuti satu perlombaan, setiap peserta belum pernah menjuarai lomba serupa tingkat nasional, dan menyerahkan surat rekomendasi dari sekolah.

Sementara itu, panitia pelaksana dari BEM STIDKI Ar-Rahmah, Azhari, mengatakan, seusai direkapitulasi jumlah peserta, technical meeting diadakan secara online, melalui website AFF 2017. “Di website tersebut sudah tersedia juknis dan rundown acaranya,” ujar Azhari.

Penilaian untuk MTQ meliputi, fashohah dan sifat, tajwid , lagu (bayati, shoba, hijaz, nahawand, rost, jiharkah, sikah), dan adabutilawah (kostum,dan lainnya).  Penilaian untuk MHQ meliputi kelancaran, tajwid dan fushah dan adab serta nada. Sedangkan penilaian untuk Dai Muda meliputi penampilan materi, nada (intonasi atau artikulasi), penguasaan panggung dan adab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement