Kamis 23 Mar 2017 10:41 WIB

Berbagi Inspirasi Masak dengan Bantuan Teknologi

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Wanita memasak.
Foto: Republika/Agung Supriyanto.
Wanita memasak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masak bukan soal kenyang saja. Setidaknya begitulah buah pemikiran CEO Cookpad Indonesia Soegianto.

"Tapi memasak adalah proses panjang yang akan memberikan kerinduan, keteduhan, dan kekuatan bagi keluarga," ujar Soegianto. Pernyataan Soegianto tersebut menjadi pesan utama yang ingin disampaikan platform digital berbagi resep Cookpad kepada seluruh masyarakat khususnya para ibu di Indonesia.

Cookpad meluncurkan kampanye "Bagikan Inspirasimu" yang mengajak masyarakat untuk memahami setiap makanan hasil masakan sendiri memiliki nilai yang akan diingat oleh seluruh anggota keluarga.

"Kebahagiaan terbesar dari proses memasak adalah ketika keluarga bisa menikmati," ujar Soegianto.

Ia menjelaskan, kampanye tersebut ingin mendorong para ibu untuk kembali memasak. Ia mengaku, Cookpad akan berusaha menginspirasi para ibu untuk bisa memasak dengan bahan-bahan yang tersedia di dapurnya.

"Jadi kalau di dapur ada ayam, kentang, dan telur, ketik saja di aplikasinya. Nanti sistem akan mencari resep yang sesuai dengan bahan-bahan itu," ujarnya.

Cookpad juga mengajak seluruh masyarakat untuk bisa mendokumentasikan resep dan kegiatan memasaknya. Soegianto mengaku, Cookpad hadir dengan tujuan untuk bisa mendokumentasikan resep masak dari banyak kalangan masyarakat. Resep itu pun bisa menjadi warisan untuk generasi selanjutnya.

Saat ini, telah tersedia 280 ribu resep makanan di Cookpad mulai dari makanan Indonesia, bakery, pastry, hingga makanan internasional. Cookpad mengerahkan tim dan  teknologi mutakhirnya untuk memeriksa keaslian foto dan akurasi tiap resep.

Fungsi masak ulang di Cookpad juga menjadi ulasan tersendiri mengenai suatu resep. "Jadi, kalau banyak yang masak ulang berarti itu resepnya populer," ujar Soegianto.

Saat ini, Cookpad Indonesia dikunjungi sekitar 8 juta pengguna setiap bulan. Cookpad Indonesia juga telah mencatat sekitar 1 juta pengguna yang teregistrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement