Kamis 13 Apr 2017 07:26 WIB

Big Bad Wolf 2017 Hadir dengan 5 Juta Buku

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung melihat buku-buku yang dijual pada pameran buku
Foto: Antara
Pengunjung melihat buku-buku yang dijual pada pameran buku "The Big Bad Wolf Book Sale" 2016 di JX International, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran buku tahunan The Big Bad Wolf (BBW) kembali hadir di Indonesia Convention Exhibition (ICE) SD City. Tahun ini, BBW hadir dengan lebih besar baik dari segi waktu, area maupun buku yang disedikan.

Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia Uli Silalahi mengatakan, untuk tahun ini banyak hal berbeda akan dilakukan BBW dalam menggelar pamerannya di ICE BSD. Seperti di antaranya, BBW akan menyediakan lebih dari lima juta buku untuk semua genre dan kategori usia.

"Kami akan menghadirkan lima juta buku, dengan potongan harga paling kecil 60 persen hingga 80 persen dari penerbit dalam dan luar negeri. Sehingga pengunjung bisa mendapatkan buku mulai harga 12 ribu untuk buku lokal hingga termahal 250 ribu untuk buku luar (negeri)," ujar Uli saat konferensi pers BBW Jakarta 2017, di Igor's Pastry and Cafe, Jakarta, Rabu (12/4).

Uli menambahkan tahun ini BBW juga menambah persentase buku untuk anak-anak. Jika tahun lalu hanya ada 30 persen, tahun ini BBW menghadirkan 50 persen buku untuk kategori anak-anak. Selebihnya BBW akan kembali menghadirkan buku seputar hobi, novel dan beberapa buku langka.

Demi kenyamanan pengunjung, BBW akan dibuka selama 12 hari mulai dari 21 April hingga 2 Mei 2017 secara non-stop 24 jam penuh. Artinya jam operasional penyelenggaraan pameran buku ini diperkirakan akan menebus rekor dengan digelar selama 280 jam penuh.

Area penyelenggaraan pun diperluas. Jika pada penyelenggaraan perdanannya BBW hanya menggunakan satu setengah hall ICE BSD, tahun ini empat hall dibuka khusus untuk pameran buku terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Uli mengatakan akan ada tiga hall khusus yang dapat menampung sekitar 100 ribu pengunjung setiap harinya. Sementara satu hall lain disediakan untuk area makan pengunjung dan juga gudang penyimpanan stok buku BBW.

"Sebanyak 4.000 troli juga sudah kami siapkan dan ada sekitar 1.000 kru akan ada di lokasi untuk membantu pengunjung, termasuk petugas pengaman yang akan mengawasi," kata Uli.

Selain itu mengantisipasi membludaknya pengunjung di meja kasir, BBW Jakarta 2017 juga menambah jumlah kasir mereka. Uli mengatakan, tahun ini ada 60 kasir yang disiapkan pihak penyelenggara dan akan dibuka keseluruhannya selama pameran berlangsung.

"Tahun lalu kami membuka 32 kasir dan menyiapkan lima kasir cadangan. Tahun ini pengunjung tak perlu khawatir mengantri lama karena akan ada 60 kasir dengan sistem seperti di imigrasi saat di bandara. Mudah-mudahan dengan jumlah dan sistem baru ini akan membuat antrian tak terlalu lama," ujar perempuan yang tergerak menggelar BBW di Indonesia karena rendahnya minat baca di negeri ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement