Kamis 20 Apr 2017 17:29 WIB

Khataman Alquran WBP, Bupati Tasdi: Wujud Nyata Revolusi Mental

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Agus Yulianto
Warga binaan membaca Alquran pada acara gerakan khatam Alquran (Ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Warga binaan membaca Alquran pada acara gerakan khatam Alquran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Dalam rangka memperingati HUT ke-53 Pemasyarakatan, Rutan kelas IIB Purbalingga menggelar berbagai kegiatan. Antara lain berupa kegiatan oleh raga bersama, kerja bhakti, khataman Alquran.

Kepala Rutan kelas IIB Purbalingga Sulardi, menyebutkan dalam kegiatan khataman Alquran, ada 160 warga binaan pemasyaratan (WBP) yang mengikuti kegiatan mengaji. "Dari jumlah itu, yang sudah khatam ada sebanyak 60 orang," ujarnya dalam peringatan HUT Pemasyarakatan di Rutan Purbalingga, Kamis (20/4).

Menurutnya, kegiatan WBP Mengaji ini, merupakan kegiatan yang dicanangkan Ditjen Pemasyarakatan untuk mendukung pemecahan rekor MURI. "Untuk itu, kegiatan WBP Mengaji ini dilakukan serentak di seluruh lembaga pemasyarakatan dan rutan yang ada di Indonesia," ujarnya.

Dalam hal pembinaan kerohanian, Rutan Purbalingga sebenarnya sudah rutin menyelenggarakan kegiatan mengaji atau belajar baca tulis Alquran bagi warga binaan. "Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dan tak hanya pada momen seperti ini saja," katanya.

Dengan menggelar kegiatan mengaji, dia berharap, kadar keimanan setiap warga binaan yang beragama Islam akan semakin baik dan dapat memberikan ketenangan setiap warga binaan alam menjalani masa-masa hukuman di pemasyarakatan. Dengan kadar keimanan yang makin kokoh, diharapkan, setelah kembali ke masyarakat kelak, tentu tidak melanggar hukum lagi.

Bupati Purbalingga Tasdi yang hadir dalam acara peringatan tersebut, mengapresiasi, berbagai kegiatan yang telah dilakukan Rumah Tahanan (Rutan) Purbalingga baik kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari maupun kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Pemasyarakatan. Bahkan secara khusus, Bupati menyampaikan penghargaan atas upaya revolusi mental yang telah dilakukan pengelola Rutan Purbalingga.

"Khataman Alquran dan kegiatan Nusantara Mengaji yang diikuti para warga binaan pemasyarakatan, merupakan wujud nyata pelaksanaan revolusi mental. Semoga mampu mengubah warga binaan menjadi manusia yang lebih baik sehingga selamat dunia dan akhirat," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement