Kamis 27 Apr 2017 17:05 WIB

Lima Juta Ekor Ikan Ditebar di Bendungan Jatigede

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Lokasi Waduk Jatigede yang mulai terisi air setelah dimulainya penggenangan di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (1/9).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Lokasi Waduk Jatigede yang mulai terisi air setelah dimulainya penggenangan di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (1/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelar peringatan Hari Air Sedunia 2017 pada Kamis (26/4). Perayaan ini dipusatkan di Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Dalam peringatan ini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menebar jutaan ekor ikan ke bendungan. Menaiki perahu, Gubernur yang ditemani Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Nana Nasuha Djuhri, Bupati Sumedang Eka Setiawan melepaskan ikan-ikan kecil di tengah bendungan.

"Hari ini ada lima juta benih ikan yang kita tebar. Sehingga ikan ini akan jadi sumber yang memadai dan cukup untuk masyarakat," kata pria yang akrab disapa Aher.

Aher mengaku ingin bendungan bisa dimanfaatkan secara optimal. Bukan hanya untuk aliran airnya yang biaa digunakan untuk irigasi dan kebutuhan warga. Namun juga budidaya ikan yang bisa bermanfaat terutama untuk warga sekitar.

Ikan-ikan yang ditebarkan merupakan ikan khas air tawar seperti nila dan patin. Yang ditebar pun masih kecil yang diharapkan nanti bisa berkembang biak.

Gubernur pun mengimbau masyarakat untuk mengambil ikan yang berukuran besar. "Ambil ikannya yang ukuran besar. Yang kecil biar hidup dulu," ujarnya.

Ia menyebutkan gerakan menebar benih ikan memang tengah digalakan Pemprov Jabar. Tahun 2016 lalu, Pemprov juga telah menebar ikan sebanyak 12 juta ke berbagai sungai dan bendungan yang ada di Jawa Barat.

Selain menebar benih ikan, Aher juga menanam pohon di sekitar Bendungan Jatigede. Diharapkan lingkungan sekitar waduk buatan tersebut bisa lebih asri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement