Sabtu 29 Apr 2017 17:54 WIB

Iwa K Sempat Lolos Pemeriksaan Barang

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Angga Indrawan
rapper Iwa K
Foto: Republika/Amin Madani
rapper Iwa K

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sempat lolos dari pemeriksaan tahap pertama, bungkus rokok berisi ganja milik Iwa K (IK) berhasil diketahui pada pemeriksaan akhir jelang ruang tunggu. Bungkus rokok tersebut IK simpan di kantong celana kargonya.

"Ia menyimpan bungkus rokok itu di kantong depan bagian kiri celana kargonya. Itu diketahui saat dilakukan penggeledahan di Security Check Point (SCP) kedua," jelas Kasatnarkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Martua Raja Silitonga, Sabtu (29/4).

SCP kedua itu, kata Martua, memang berguna untuk sterilisasi. IK berhasil lolos dari pintu pemeriksaan pertama karena tidak ada bunyi saat melewati mesin x-ray.

"SCP pertama itu memang fokusnya ke koper. Barang yang masuk ke bagasi. Di SCP kedua itu baru yang lebih detil ke barang yang dibawa ke atas dan yang ada di badan penumpang," sambung Martua didampingi dua orang dari Avitiation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta.

Petugas dari Avsec lah yang pertama kali mengetahui dan mengamankan IK setelah ia kedapatan membawa barang diduga ganja. Menurut petugas yang menggeledah IK, kata Martua, rapper tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda panik karena membawa ganja.

"Pergerakannya normal saja. Saat ditemukan rokok di badan kan sensornya bunyi, dia juga tidak berkelit. Kooperatif juga saat dilakukan pemeriksaan," tutur Martua.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Avsec, mereka menyerahkan IK ke Satresnarkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta. Dari situ kemudian dilakukan pengembangan lebih lanjut. "Setelah dihubungi, kami langsung gerak cepat ke lokasi," kata Martua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement