Jumat 05 May 2017 06:56 WIB

Bone Bolango Gelar Festival Pesona Danau Perintis

Red: Hazliansyah
 Sejumlah warga mengikuti lomba dayung pada Festival Perahu Naga di Situ Rawa Besar, Kampung Lio, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Ahad (8/11).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Sejumlah warga mengikuti lomba dayung pada Festival Perahu Naga di Situ Rawa Besar, Kampung Lio, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Ahad (8/11). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menggelar Festival Pesona Danau Perintis, di Kecamatan Suwawa, Kamis. Berbagai kegiatan di gelar di objek wisata alam Danau Perintis yang dijadikan salah satu destinasi wisata unggulan di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango, Soegondo Makmur mengatakan, salah satu kegiatan yang digelar di tempat itu adalah lomba dayung rakit.

"Kenapa kami memilih lomba dayung rakit, karena bambu di daerah ini banyak, dan kebiasaan masyarakat yang memanfaatkan sungai Bone, mereka membawa hasil pertanian dengan menggunakan rakit," katanya.

Oleh karena itu, di Danau Perintis digelar lomba dayung rakit, yang merupakan cerita rakyat Bone Bolango.

"Hasil yang diharapkan dari kegiatan lomba ini adalah, kita akan menjadikan ini lomba tahunan, dan Festival Pesona Danau Perintis dapat mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung," ujar Soegondo.

Soegondo menambahkan, saat ini Bone Bolango semakin dikenal dengan 'tagline' Bone Bolango Pesona Legenda Wisata Alam'.

Selain menggelar lomba dayung perahu, festival itu juga menampilkan tarian 'Kopi Pinogu' dan sehari sebelumnya, dilakukan promosi tiga produk unggulan daerah.

Tiga produk unggulan tersebut yaitu kopi organik Pinogu, kupiah karanji dan kain sulam Karawo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement