Jumat 05 May 2017 19:06 WIB

Pesta Rakyat Anies-Sandi Bertabur Puluhan Jenis Makanan Tradisional

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ani Nursalikah
Sandiaga Uno saat hadiri Pesta Rakyat di Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/5) petang.
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Sandiaga Uno saat hadiri Pesta Rakyat di Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/5) petang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai penetapan kemenangan Pilkada DKI Jakarta 2017, Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno menghadiri pesta rakyat yang diadakan di Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut tersedia puluhan jenis makanan tradisional gratis untuk warga DKI Jakarta yang datang meramaikan.

Acara yang baru saja dimulai setelah azan ashar itu dihadiri ratusan warga yang datang dari berbagai penjuru wilayah DKI Jakarta. Ketika memasuki Jalan Cicurug, riuh ramai penyanyi dangdut di atas panggung di depan Posko Kemenangan Anies-Sandi sudah terdengar.

Sekretaris Komando Pasukan Anies-Sandi (Kopas), Binsar Simbolon mengatakan acara tersebut merupakan ide Ketua DPD DKI Jakarta, Muhammad Taufik. "Acara ini idenya Pak Taufik dan Pak Prabowo. Tujuannya agar rakyat ikut serta dalam perayaan kemenangan Anies-Sandi," kata dia saat ditemui Jumat petang (5/5).

Pantauan Republika.co.id, jenis makanan yang ada di sekitaran posko, antara lain kerak telor, es selendang mayang, es cendol, bir pletok, mie ayam dan soto ayam. Kerak telor dan es cendol mendapat antrean paling banyak dari warga. Bahkan, ketika makanan lainnya sudah habis, kerak telor masih dikerumuni.

Anies datang pertama kali usai kehadirannya dari KPUD DKI Jakarta, disusul Sandi yang datang pukul 17.15 WIB. Saat datang, Sandi disambut dengan sepasang ondel-ondel lelaki dan perempuan, disusul letusan petasan khas Betawi.

Petasan terus meledak, bahkan hingga Sandi tiba di atas panggung. Sandi menahan pidatonya hingga menunggu petasan berhenti meledak. "Sebentar ya, tunggu petasan berhenti dulu," kata dia.

Setelah suara petasan habis, Sandi memulai pidatonya dengan mengajak seluruh pendukungnya agar saling merangkul warga lain pendukung paslon nomor urut dua. "Dua ditambah tiga sama dengan lima. Lima artinya Pancasila. Jadi kita semua harus tetap bersatu setelah Pilkada DKI Jakarta 2017 ini selesai," teriak Sandi di atas panggung sambil mengacungkan tangannya bergaya oke oce khasnya.

Pesta Rakyat akan dijeda terlebih dahulu saat azan Magrib, kemudian akan dilanjutkan hingga pukul 20.00 WIB. Pesta Rakyat itu juga diisi dengan doa-doa sebagai rasa syukur atas kemenangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakara yang baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement