Sabtu 06 May 2017 08:38 WIB

Buku Turats Tetap Diburu Pengunjung IBF 2017

Red: Irwan Kelana
Pengunjung mencari buku turats di stan Penerbit Akbar, ajang Islamic Book Award (IBF) 2017..
Foto: Irwan Kelana/Republika
Pengunjung mencari buku turats di stan Penerbit Akbar, ajang Islamic Book Award (IBF) 2017..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada bermacam-macam buku yang dijajakan di ajang Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, 3-7 Mei 2017. Di antara jenis-jenis buku tersebut adalah buku turats (referensi) karya para ulama terkemuka, baik salaf (terdahulu) maupun khalaf (modern).

Ada banyak penerbit yang menjual buku turats. Sebut saja Penerbit Akbar Media, Al-Kautsar dan Pustaka Imam Syafii.  Walaupun buku turats merupakan buku serius dan refatif berat, buku tersebut tetap diburu para pengunjung IBF 2017.

“Penjualan buku turats tetap bagus dan stabil. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke IBF untuk mencari buku referensi tersebut. Tidak hanya kalangan ustadz dan santri, tapi juga masyarakat umum,” kata Ketua Panitia IBF 2017 M Anis Baswedan, Sabtu (6/5).

Anis yang juga direktur utama Penerbit Akbar Media menambahkan, Penerbit Akbar mempunyai sejumlah buku turats  yang selama ini menjadi andalan. “Buku-buku turats tersebut penjualannya laris, baik  di toko buku maupun IBF,” ujarnya.

Pada IBF 2017 kali ini, stan Akbar banyak dikunjungi para pencari buku turats, di samping buku-buku Islam lainnya. “Buku turats terbitan Akbar yang paling laris di IBF 2017 adalah Rahasia Kematian, Alam Akhirat & Kiamat. Kemudian, buku Sirah Nabawiyah, Sejarah Islam, Bulughul Maram,  dan Syarah Nawaaqidhul Islam karya Muhammad bin Abdul Wahhab,” paparnya.

Stan Penerbit Pustaka Al-Kautsar juga ramai didatangi para pencari buku turats, di samping jenis-jenis buku Islam lainnya. “Buku-buku serius, termasuk di dalamnya buku turats atau referensi tetap dicari orang,” kata Direktur Utama Penerbit Pustaka Al-Kautsar Tohir Bawazier.

Tohir menambahkan,  buku-buku turats terbitan Al-Kautsar yang banyak dicari pengunjung IBF 2017 antara lain Sejarah Lengkap Dinasti Islam, hadits, fiqih, dan akhlak. “Yang menarik, pembeli buku referensi tersebut tidak hanya orang tua dan ustadz, tapi banyak juga remaja yang membeli buku-buku turats,” tutur Tohir Bawazier.

Penerbit Pustaka Imam Syafii termasuk yang banyak menerbitkan buku-buku turats. “Kami menerbitkan buku-buku yang menjadi rujukan keluarga Muslim,” kata salah seorang penjaga stan Pustaka Imam Syafii.

Ia menambahkan, di ajang IBF 2017, buku-buku turats terbitan Pustaka Imam Syafii yang sangat laris antara lain Tafsir Ibnu Katsir, Fathul Bari, Syarah Riyadhush Shalihin, Ensiklopedi Shalat , Ensiklopedi Sahabat, dan Kisah Shahih Para Nabi.

IBF diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta. IBF ke-16 tahun 2017 akan berlangsung sampai besok, Ahad (7/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement