Selasa 09 May 2017 01:15 WIB

Kebangkitan Ekonomi Umat Dinilai Awal Kebangkitan Indonesia

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nur Aini
Sinergi Foundation
Foto: istimewa
Sinergi Foundation

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinergi Foundation menggelar silaturahim insan peduli yang membahas ekonomi berbagi dari sisi syariah. Kebangkitan ekonomi umat disebut jadi tonggak kebangkitan Indonesia.

Dalam keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Senin (8/5), SF menyampaikan acara silaturahim ini menghadirkan praktisi bisnis cum Pendiri Majelis Taklim Wirausaha (MTW) Valetino Dinsi, Ketua Umum MUI Bandung KH Miftah Faridl, dan dan musisi Dakwah Derry Sulaiman. Valentino Dinsi mengapresiasi program Sinergi Foundation yang berkomitmen membangun ekonomi umat. Program seperti beasiswa kepemimpinan dan kewirausahaan yang digelar SF merupakan terobosan yang bagus.

''Kita tahu pemimpin-pemimpin dunia sekarang ini kebanyakan pengusaha. Belum lagi program lainnya seperti Lumbung Desa,'' kata Ketua 1 Koperasi Syariah 212 ini.

Dalam materinya, Valentino memaparkan tentang kebangkitan suatu negara yang berawal dari kebangkitan ekonomi umat seperti di Turki. Selain itu, ia menekankan pentingnya konsep ekonomi berbagi (sharing economy) yang sebenarnya sudah diterapkan dari zaman Rasulullah. ''Prinsipnya saling bersinergi dan juga berbagi hasil,'' kata Valentino.

Ketua MUI Bandung KH Miftah Faridl mengajak umat untuk terus menggalakkan gerakan ekonomi berbasis masjid dan komunitas. Sementara musisi Derry Sulaiman membuat lukisan kaligrafi yang dilelang dan hasilnya digunakan untuk mendukung program ekonomi.

Sinergi Foundation (SF) menggelar gathering insan peduli bertajuk ‘Sharing Economy Perspektif Syariah’ bertempat di Grand Hotel Pasundan Bandung, Sabtu (6/5/2017). Menurut CEO Sinergi Foundation Ima Rachmalia, acara ini merupakan komitmen Sinergi Foundation sebagai sebagai lembaga milik publik yang telah lama bergerak dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dalam acara ini juga, SF meluncurkan aplikasi payment berbasis Android “Sinergipay”. Acara ini dihadiri puluhan peserta mulai dari pengusaha, pegiat dakwah, dan donatur Sinergi Foundation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement