Kamis 15 Jun 2017 11:08 WIB

Bob Dylan Dituduh Lakukan Plagiat

Rep: RIZKIYAN ADIYUDHA/ Red: Indira Rezkisari
Bob Dylan
Foto: AP
Bob Dylan

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Bob Dylan dituduh telah melakukan peniruan kata-kata. Hal tersebut terjadi tak lama setelah musisi asal Amerika itu hendak mendapatkan hadiah nobel.

Seperti diwartakan Fox News, Kamis (15/6),  saat itu Dylan diminta untuk memberikan tiga buku yang mengispirasi hidupnya. Penyanyi 76 tahun itu mengungkapkan, Moby Dick karya Herman Melville merupakan salah satu buku yang turut mengilhami dirinya.

Bahkan, pelantun lagu Like A Rolling Stone itu tak segan mengeluarkan kutipan dalam buku tersebut. Sayangnya setelah diteliti, kutipan yang dia ucapkan tidak ada dalam buku. Namun, kata-kata tersebut ada di sebuah situs SparkNotes.

SparkNotes merupakan website yang menawarkan pelajar terkait literatur sastra dan beberapa topik lainnya. Kata-kata yang dilontarkan Dylan memang tidak sepenuhnya sama dengan yang ada di SparkNotes.

Namun setelah dirinci, keduanya memiliki makna yang serupa. Hingga saat ini Dylan belum memberikan komentar terkait kabar tersebut.

Sebelumnya, Dylan juga pernah dituduh melakukan plagiat dalam salah satu karyanya. Namun, para penggemar berpendapat bait yang keluar dalam karya Dylan merupakan buah pikiran yang diambil dari para pendahulunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement