Jalur Selatan Jabar Lintas Garut Masih Normal

Red: Ilham Tirta

Selasa 20 Jun 2017 20:35 WIB

Jalur selatan Jawa Barat (Jabar). (Ilustrasi). Jalur selatan Jawa Barat (Jabar). (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jalur mudik wilayah selatan Jabar lintas Kabupaten Garut masih normal dilalui kendaraan roda dua maupun empat pada lima hari sebelum Hari Raya Lebaran 2017. "Belum terjadi lonjakan kendaraan, jalur selatan Limbangan-Malangbong masih normal di H-5 ini," kata Kepala Subagian Humas Polres Garut, AKP Ridwan Tampubolon kepada wartawan di Garut, Selasa (20/6).

Ia menyampaikan, hasil laporan pengamatan personel di lapangan bahwa arus lalu lintas kendaraan dari arah barat atau Bandung menuju timur masih relatif normal. Meskipun sesekali terjadi kepadatan, kata dia, karena adanya aktivitas masyarakat di kawasan pasar yang berada di perlintasan jalur mudik.

"Hanya pada siang hari sempat meningkat, itu juga tidak terlalu lama," kata Ridwan.

Ia menambahkan, selain jalur Limbangan-Malangbong, jalur Kadungora-Leles menuju Tasikmalaya juga belum terjadi kepadatan kendaraan pemudik. Menurut dia, peningkatan arus kendaraan mudik akan terjadi pada tiga hari sebelum Lebaran, atau setelah mulai liburnya aktivitas perkantoran atau industri.

"Diprediksi peningkatan kendaraan terjadi pada H-3, untuk itu disarankan kalau mau mudik bisa dilakukan sekarang," katanya.