Kamis 22 Jun 2017 01:21 WIB

MUI Luncurkan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin
Foto: ROL/Fakhtar K Lubis
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama Medco Group dan BUMN PT Bahana Artha Ventura (BAV) meluncurkan 'Program Arus Baru Ekonomi Indonesia'. Program ini merupakan program pemberdayaan ekonomi umat yang melibatkan banyak pihak termasuk pondok- pondok pesantren dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam.

Peluncuran program dan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) ini dilakukan oleh founder Medco Group Arifin Panigoro, Ketua MUI KH Ma'ruf Amin dan disaksikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di Griya Jenggala, Jakarta, Rabu (21/6).

Ketua MUI, KH Ma'ruf Amin menjelaskan, Kongres Ekonomi Umat yang dibuka Presiden RI Joko Widodo pada 22-24 April lalu menghasilkan berbagai rekomendasi untuk memajukan perekonomian umat di Indonesia. Di antara rekomendasi tersebut adalah komitmen untuk menggerakkan koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pelaku usaha utama perekonomian nasional.

Tidak hanya berniat menggerakkan, Kongres Ekonomi Umat juga merekomendasikan adanya mitra sejajar antara pengusaha besar dengan koperasi dan UMKM dalam sistem produksi dan pasar terintegrasi.

"Dari tingkat pusat hingga MUI di daerah-daerah akan terlibat dalam gerakan ini sehingga perekonomian umat bisa terangkat," ujar KH. Ma'ruf Amin.

Founder Medco Group, Arifin Panigoro mengungkapkan, sejak awalh Medco Group memang berkomitmen untuk terlibat dalam gerakan pemberdayaan ekonomi umat ini. Peluncuran program ini merupakan upaya untuk mempercepat pelaksanaan pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia.

"Karena tujuannya jelas, agar masyarakat punya budaya entrepreneurship, meningkatkan penghasilan dan pada akhirnya menyejahterakan umat," kata Arifin Panigoro.

Sebagai tahap awal, sejumlah pondok pesantren, ormas Islam, koperasi dan UMKM dari empat provinsi di Indonesia dilibatkan dalam program ini. Dua perusahaan inti dan Perusahaan Modal Ventura Daerah yang terafiliasi dengan BAV juga ikut dalam penandatanganan kesepakatan ini. Bersama MUI dan Medco, berbagai pihak yang akan terlibat dalam program juga melakukan penandatanganan MoU untuk beberapa pilot project penguatan ekonomi umat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra'd ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement