Sabtu 24 Jun 2017 09:51 WIB

Ini Ragam Makanan Khas Idul Fitri dari Berbagai Negara

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi Ketupat Lebaran
Foto: Republika/musiron
Ilustrasi Ketupat Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Idul Fitri biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Meski demikian, tidak lengkap rasanya jika perayaan tanpa hidangan khas yang menandakan hari spesial ini.

Metro melansir sejumlah makanan khas yang biasa dimakan saat hari raya di berbagai negara. Seperti misalnya di Suriah, umat Muslim akan menyempatkan untuk berkumpul bersama dan makan puding khas bernama Mamounia.

Puding yang bisa disajikan dingin atau hangat itu dihiasi dengan kayu manis dan almond cincang. Biasanya, Mamounia akan tetap hadir meski suasana Suriah masih dibombardir pertempuran.

Di Mesir, orang-orang biasanya makan kurma dan susu di pagi hari Ied. Selain itu ada Kahk yang merupakan kue kering isi madu.

Sementara di Yaman, makanan khasnya muncul saat makan siang. Bint Alsahan adalah salah satunya. Kue manis ini dibuat dengan adonan berlapis-lapis dan disiram dengan madu dan nigella seed.

Di Afganistan, Ied adalah milik anak-anak karena banyak sekali makanan manis. Selain itu ada Bolani yang merupakan roti datar isi bayam, labu, kentang atau lentil hijau.

Di Rusia yang merupakan rumah bagi 16 juta Muslim, ada pangsit khas isi daging domba atau sapi. Biasanya orang-orang berkumpul di keramaian dan merayakannya bersama, seperti di Masjid Raya Moskow.

Di Sudah, Ied dirayakan dengan saling berkunjung ke tetangga sambil membawa makanan manis. Keluarga Muslim di sana biasanya menikmati sepiring Aseeda bersama. Makanan ini terbuat dari gandum dan disajikan dengan saus tomat.

Sementara di Cina, populasi Muslim di sana mengakhiri Ramadhan dengan makan You Xiang. Makanan ringan ini pada dasarnya adalah tepung goreng dan dimakan dengan sup atau nasi.

Di Malaysia, keluarga Muslim berbagi makanan yang disebut Luih. Kue ini berwarna-warni dan dibuat dari mentega, telur, tepung dan gula. Mirip seperti di Indonesia yang terkenal dengan beragam kue-kue keringnya.

Di Somalia, Muslim mempersiapkan roti khusus Ied yang disebut Cambaabur. Makanan ini terbuat dari tepung gandung dan ditaburi dengan gula, juga disajikan dengan yoghurt.

-

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement