Sabtu 01 Jul 2017 16:43 WIB

'Ragunan Paling Murah karena Pemerintah Bukan Cari Untung'

Rep: Arif Satrio/ Red: Israr Itah
Suasana di Taman Margasatwa Ragunan pada hari kedua Lebaran, Senin (26/6)
Foto: Rahma Sulistya
Suasana di Taman Margasatwa Ragunan pada hari kedua Lebaran, Senin (26/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengunjungi Taman Marga Satwa Ragunan Jakarta Selatan, Sabtu (1/7). Dalam kunjungan yang ditemani istri Heppy Farida, Djarot menyebut Kebun Binatang Ragunan ini termurah di dunia dengan harga tiket masuk anak-anak Rp 3 ribu dan dewasa Rp 4 ribu.

"Ragunan ini kebun binatang paling murah sedunia Surabaya juga kalau nggak salah sepuluh ribu," kata Djarot Saiful Hidayat di Ragunan (1/7).

Namun, Djarot mengungkapkan, yang harus diperhatikan justru bukan masalah tiketnya yang murah. Namun manfaat dari kebun binatang inilah yang menurut dia harus dapat dimaksimalkan, khususnya bagi generasi penerus. "Justru masalah pendidikannya yang penting," kata Djarot.

Kebun binatang ini, lanjut Djarot, tidak akan bisa hidup bila bergantung pada tiket saja. Tiket murah itu sendiri juga karena pemerintah menurut dia tidak berusaha mencari keuntungan dari kebun binatang ini. Untuk itu, pemerintah memberikan bantuan subsidi untuk Ragunan.

Pasalnya, jika dihitung menurut Djarot, dengan harga tiket yang murah, operasional KB Ragunan tidak akan bisa bergantung pada pendapatan tiket.

"Ini mulai jam 12 tadi tujuh puluh ribu satu hari bisa seratus ribu kali empat ribu cuma empat puluh juta untuk memberi makan sekian banyak hewan tidak cukup makanya untuk makan kita alokasi 20 M itu per tahun subsidi," kata dia lagi.

Tujuannya, lanjut Djarot, pemerintah bukan mencari untung. Tetapi justru untuk menanamkan pendidikan bagi anak untuk mencintai satwa sejak dini.

"Tidak apa apa, memang ini kebun binatang paling murah sedunia tapi kita bangga karena bisa memberikan pendidikan bagi generasi ke depan ya," ujar Djarot.

Djarot mengunjungi Kebun Binatang Ragunan pada siang hari sekitar pukul 12.15 WIB. Dia pun menyempatkan diri berkeliling melihat satwa di kebun binatang itu bersama istrinya. Sebelumnya, Djarot baru saja bertolak dari Situ Babakan, Jagakarasa, Jakarta Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement