Kamis 13 Jul 2017 18:22 WIB

Jepang tak Gentar Hadapi Mobil Cina

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani
MPV Wuling
MPV Wuling

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Confero S milik Wuling direncanakan meluncur pada kuartal ketiga 2017. Kendaraan roda empat itu optimistis untuk menembus pasar otomotif nasional salah satunya melalui harga murah yang mereka tawarkan. Kendaraan Confero masuk dalam segmen lom MPV. Artinya, mereka akan berebut pasar dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina hingga Mitshubisi Expander.

Head of Sales Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya mengaku tak takut dengan kehadiran Wuling. Dia optimistis kehadiran mobil rakitan asal Cina itu tidak akan menggeser posisi Mitshubisi.

"Saya pikir masyarakat Indonesia pintar. Mereka tidak hanya melihat harga murah yang jadi pertimbangan, tapi seperti apa kualitasnya, bagaimana jaringan purna jual dan bagaimana brandingnya," kata Imam Choeru Cahya di Jakarta, Kamis (13/7).

Secara jaringan, Mitsubisi memang lebih unggul dari Wuling yang baru saja meresmikan pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat. Berdasarkan data yang dihimpun, Mitsubishi memiliki 90 outlet jaringan penjualan kendaraan penumpang di seluruh Indonesia.

Sedangkan, Wuling baru memiliki 50 jaringan penjualan di tanah air dimana 19 diler terletak di Jakarta dan sekitarnya. Dengan layanan after sales yang dimiliki Mitsubishi di Indonesia, Imam yakin untuk terus berkompetisi dipasar otomotif nasional lantaran sudah memiliki jaringan after sales yang luas.

Lagipula, Imam mengatakan, jaringan diler dan purna jual menjadi hal utama dalam memasarkan mobil disegmen Low MPV. Ini lantaran pasar kendaraan tersebur menyebae ke berbagai daerah, berbeda dengan mobil sekelas Pajero Sport yang terkonsentrasi di ibu kota dan kota besar.

"Bukannya kami mengesampingkan Wuling, tapi kami cukup percaya diri karena memang mempunyai kekuatan layanan penjualan dan layanan after sales," kata Imam.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, kehadiran Wuling tidak akan menggacaukan pasar Honda. Dia yakin harga yang dipatok Confero S tidak akan mengganggu penjualan Honda Mobilio di Indonesia.

"Kalau sama kami kelas dan konsumennya beda. Beda segmen, kelas, dan taste. Harga juga nggak akan mempengaruhi mobilio," kata Jonfis.

Seperti diketahui, Wuling Confero dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc dengan kombinasi transmisi manual lima-percepatan dengan tenaga maksimum di angka 107 dk di 5.800 rpm. Torsi yang dimiliki mencapai 142 Nm di rentang putaran 3.800 sampai 4.400 rpm.

Mobil tersebut juga dibekali peranti keselamatan dan keamanan yang tergolong lengkap dikelasnya. Mulai dari rem ABS, EBD, rem cakram belakang, kamera parkir sampai Tipe Pressure Monitoring System. Wuling berencana meluncurkan mobil jenis Low MPV tipe Confero S untuk merambah pasar Indonesia. Kendaraan roda empat itu rencananya akan diluncurkan Agustus tahun ini.

"Bukan hanya harga yang murah tapi kami berharap memberikan produk yang sesuai dengan harganya nanti sehingga bisa digunakan semua masyarakat," kata Presiden PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) Xu Feiyun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement