Kamis 20 Jul 2017 13:11 WIB

Sinabung Kembali Erupsi dan Lontarkan Abu Vulkanik

Rep: Issha Harruma/ Red: Andi Nur Aminah
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik terlihat dari Desa Guru Singa, Karo, Sumatera Utara .
Foto: Tibta Peranginangin/Antara
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik terlihat dari Desa Guru Singa, Karo, Sumatera Utara .

REPUBLIKA.CO.ID,  KARO -- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali erupsi, Kamis (20/7). Hingga siang ini, tercatat sudah dua kali Sinabung meletus‎ dengan tinggi kolom mencapai ribuan meter.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra mengatakan, erupsi pertama terjadi sekitar pukul 07.20 WIB. "Erupsi pertama terjadi dengan tinggi kolom abu vulkanik 3.500 meter disertai guguran lava sejauh 1.000 meter. Angin ke arah Timur-selatan," kata Armen, Kamis (20/7).

Erupsi kedua, lanjut Armen, terjadi pada pukul 11.13 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 2.200 meter. Erupsi ini tidak disertai guguran lava pijar dari gunung api tersebut. "Terjadi gempa dengan waktu 256 detik dengan kondisi angin sedang arah ke Timur-Selatan," ujar dia.

Terkait masih tingginya aktivitas Sinabung ini, Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Karo mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait. Saat ini, status gunung Sinabung masih di Level IV atau Awas. "‎Warga diimbau agar tetap mematuhi larangan memasuki dan beraktivitas di zona merah yang sudah ditetapkan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo, Natanael Perangin-angin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement