Kamis 03 Aug 2017 18:06 WIB

Penginapan Dieng Culture Festival 2017 Penuh

Red: Yudha Manggala P Putra
Ribuan orang menyaksikan Dieng Culture Festival
Foto: Kemenpar
Ribuan orang menyaksikan Dieng Culture Festival

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Penginapan-penginapan di area penyenggaraan Dieng Culture Festival (DCF) 2017 di Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah, penuh, kata pemilik Homestay Kemangi Syariah Dieng, Zaidan Mursalin Daud.

"Karena banyak yang penuh, wisatawan yang baru datang supaya lebih rajin mencari penginapan lain atau mencari kamar yang batal dipesan," kata pria yang akrab disapa Iin itu di Banjarnegara, Kamis (3/8).

Dia mengatakan penginapan menjadi hal yang paling dicari oleh wisatawan dalam negeri dan mancanegara menjelang dan saat pelaksanaan DCF setiap tahunnya. Dia mengaku saat ini penginapan miliknya sudah dipesan oleh pengunjung DCF 2017. Ajang tahunan pada 2017 dilaksanakan pada 4-6 Agustus dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Iin mengatakan terdapat hal yang berbeda terkait pengelolaan penginapan miliknya di ajang DCF 2017, yaitu pembatasan jumlah tamu homestay. Pada DCF sebelumnya, dia mengatakan satu penginapan bisa berisi lebih dari 25 orang sehingga penuh sesak. Beberapa pengunjung penginapan harus rela tidur di lantai di penginapan miliknya.

Akan tetapi, saat ini Iin hanya menyewakan tiga kamar dengan kapasitas sekitar tujuh orang. Hal terpenting bagi dia adalah pelayanan serta kenyamanan bagi pengunjung penginapan.

"Soal pemasukan bisa dicari lain waktu ada hari lain pengunjung mampir ke sini. Terlebih jika memaksakan banyak yang menginap di sini, kami juga repot karena pelayanan kami kelola sendiri," kata dia.

Dia mengatakan pembatasan menerima tamu dilakukan juga karena alasan pemerataan persebaran wisatawan DCF. Dengan begitu, homestay yang mengalami batal order juga memperoleh berkah dari membludaknya pengunjung di DCF 2017.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Fauzi, mengatakan terdapat sejumlah homestay warga sekitar yang bisa saja kosong menjelang pelaksanaan DCF.

Selama jeli mencari, katanya, pengunjung bisa mendapatkan penginapan meski pilihan homestay makin sedikit karena banyak yang penuh. Namun, lanjut dia, upaya mencari homestay tentu relatif lebih sulit dibandingkan mencarinya jauh hari sebelum pelaksanaan DCF.

Terlebih, kata dia, sekitar satu bulan sebelum pelaksanaan DCF menunjukkan homestay rata-rata telah dipesan atau penuh orderan.

Diperkirakan puluhan ribu pengunjung akan menghadiri acara-acara dalam rangkaian DCF 2017 yang banyak terpusat di sekitar Candi Arjuna, Banjarnegara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement