Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Bacakan Teks Proklamasi, Ketua MPR Kenakan Baju Adat Lampung

Kamis 10 Aug 2017 16:48 WIB

Rep: Fauziah Mursyid/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.

Foto: Dok Humas MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua MPR Zulkifli Hasan mengaku telah siap membacakan teks proklamasi pada peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang. Hal itu disampaikan Zulkifli menyusul telah masuknya surat permintaan pembacaan dari pihak Istana Negara.

"Memang sudah ada (suratnya), saya sudah oke setuju, perintah negara masa tidak. Saya bilang saya bersedia. Kan suatu kehormatan," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (10/8).

Menurutnya, dalam pembacaan teks proklamasi tersebut dirinya akan mengenakan baju seragam tradisional Provinsi Lampung. Sebab, dalam permintaan pembacaan juga diisyaratkan menggunakan pakaian adat tradisional Indonesia.

"Saya akan baca teks proklamasi pakai baju seragam tradisional. Jadi nanti saya akan pakai dari dapil, seragam Lampung. Sudah ada suratnya," ujar Zulkifli.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah mengirimkan surat ke majelis permusyaratan rakyat (MPR) terkait dengan pembacaan naskah proklamasi yang akan dibacakan pada 17 Agustus di Istana Negara. Dengan demikian, maka pembacaan naskah proklamasi akan dibacakan oleh Ketua MPR.

"Iya (ketua MPR yang akan membaca naskah proklamasi)," kata Pratikno, Senin (7/8).

Pratikno menuturkan bahwa tidak ada aturan baku mengenai pembacaan naskah proklamasi. Namun, saat ini ketua MPR dapat giliran untuk membaca naskah tesebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler