Selasa 15 Aug 2017 14:53 WIB

Bendera Merah Putih 50 Meter Terbentang di Atas Citarum

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ilham Tirta
Bendera Merah Putih raksasa. (ilustrasi).
Foto: Antara
Bendera Merah Putih raksasa. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BALEENDAH -- Bendera merah putih sepanjang 50 meter terbentang di atas aliran sungai Citarum, Kabupaten Bandung. Tepatnya di wilayah Kampung Mekarsari RW 21, Kelurahan/Kecamatan Baleendah. Pemasangan lambang negara Indonesia yang memiliki berat 30 Kg dilakukan warga setempat.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-72 yang jatuh pada Kamis (17/8), mendatang. Kami beli bahan Rp 2 juta dan dijahit sendiri," ujar Ketua RW 21, Ghufron (42 tahun), Kamis (15/8).

Ia menuturkan, dengan memasang bendera tersebut pihaknya mengajak masyarakat Indonesia agar menjadikan alam sebagai sahabat serta menjaganya dan jangan dijadikan sebagai musuh. "(Pemasangan) bendera ini melambangkan masyarakat peduli Sungai Citarum bersih dan lingkungan," katanya.

Menurutnya, selain memasang bendera sepanjang 50 meter, warga juga memasang bendera raksasa dengan ukuran panjang 7,5 meter dan lebar 5 meter. Kehadiran bendera tersebut menegaskan agar masyarakat menjadi negara besar bukan untuk memecah NKRI.

Dirinya menambahkan, bendera merah putih dipasang pada awal Agustus dan berakhir pada akhir Agustus. "Kami pasang (bendera) dari tanggal 1 dan diturunkan 31 Agustua 2017," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement