Selasa 22 Aug 2017 09:05 WIB

Remaja Diajak Bangga pada Warna Kulitnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Remaja putri
Foto: Antara
Remaja putri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara umum, ada persepsi yang tidak tepat dalam budaya Asia, termasuk di Indonesia. Yaitu menyamakan warna kulit putih dengan kecantikan feminin, keunggulan etnis, dan kekuatan. Hingga sering terdengar bahwa wanita Indonesia dengan kulit yang 'lebih putih' mendapatkan lebih banyak 'kesempatan' dari waktu ke waktu.

Terinspirasi dari fakta bahwa kulit putih sudah menjadi standar kecantikan yang diyakini secara luas di Indonesia, banyak anak perempuan tumbuh dengan rasa tertekan untuk mengubah warna kulit alami mereka supaya mendapatkan kulit putih yang ideal. Karena itu, berkaitan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Clean & Clear, merek perawatan kulit remaja global, ingin membangun rasa percaya diri di kalangan remaja, terutama gadis remaja Indonesia dan mengubah persepsi sosial yang salah.

“Oleh karenanya, di bulan Agustus ini sejalan dengan semangat Hari Kemerdekaan RI, Clean & Clear® mengajak remaja putri Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakannya dengan memberikan pernyataan bersama di media sosial yang disebut #BanggaDenganWarnaKulitmu untuk menunjukkan bahwa mereka percaya diri – tidak peduli apa pun warna kulit mereka – dan bangga menjadi bagian dari Indonesia yang penuh warna. Ini merupakan sebuah kampanye gerakan baru untuk merayakan cerahnya warna kulit beragam suku di Indonesia serta mendorong remaja perempuan dari seluruh pelosok negeri untuk tampil percaya diri dan menerima keberagaman warna kulit alami yang cerah, tak peduli apapun warna kulit mereka,” jelas Brand Manager Clean & Clear, Yuni Sulistyo, dalam konferensi pers di Jakarta belum lama ini.

Pihaknya ingin memberdayakan gadis remaja di seluruh wilayah negeri untuk merayakan indahnya keanekaragaman di Indonesia, dikenal dengan bhinneka tunggal ika yaitu bersatu meski terdapat beragam suku bangsa, budaya, bahasa dan warna kulit. “Kampanye baru #BanggaDenganWarnaKulitmu ini adalah komitmen kami untuk membangun rasa percaya diri pada remaja putri Indonesia. Kami percaya bahwa tidak masalah apapun warna kulitnya, Anda harus bangga pada diri sendiri. Kami mendorong para remaja putri di Indonesia untuk merayakan cerahnya beragam warna kulit remaja di Indonesia dan memungkinkan mereka untuk bangga dalam mengekspresikan diri. Setiap remaja putri Indonesia harus mampu mengatakan #BanggaDenganWarnaKulitmu pada diri mereka sendiri maupunkepada orang lain.”

Ia mengatakan bahwa Clean & Clear percaya bahwa semua gadis remaja itu cantik dan harus memiliki kesempatan yang sama, apapun warna kulit mereka. Dengan demikian, bulan Agustus ini merupakan saat yang tepat untuk menanamkan kepercayaan diri pada semua gadis remaja melalui kampanye #BanggaDenganWarnaKulitmu di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement