Rabu 06 Sep 2017 13:25 WIB

Masyarakat Masih Perlu Dimotivasi untuk Membaca

Rep: SRI HANDAYANI/ Red: Winda Destiana Putri
Membaca buku
Foto: ist
Membaca buku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Dadang Suhendar mengatakan masyarakat masih perlu dimotivasi untuk meningkatkan minat baca dan menapresiasi buku. Ini menjadi catatan tersendiri dalam menciptakan masyarakat gemar baca buku.

"Perlu kerjasama antara industri perbukuan dan pendidikan. Kami sangat menghargai upaya IKAPI seperti ini," kata Dadang dalam pembukaan IIBF di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9).

Ia menyebutkan perlu ada kolaborasi antara berbagai pihak dalam upaya peningkatan literasi. Undang-undang perbukuan misalnya, menjadi langkah awal untuk mewujudkan penyediaan buku yang murah, bermutu, dan mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

"Dalam melaksanakan UU perbukuan, para pemangku kepentingan dapat saling bersinergi dalam melaksanakan sistem perbukuan," kata Dadang. 

Upaya ini juga didukung dengan kebijakan pengiriman buku gratis setiap tanggal 17 yang diinisiasi Presiden Joko Widodo. "Kebijakan ini diharapkan mempermudah proses pemerataan buku di Indonesia," ujar dia.

Ada pula gerakan literasi nasional yang dilaksanakan oleh Kemendikbud. Kegiatan ini dipusatkan untuk meningkatkan literasi bangsa.

"Banyak pihak yang ikut dalam gerakan ini, membuktikan bahwa pemerintah, asosiasi literasi, dan organisasi masyarakat peduli terhadap peningkatan minat baca," kata dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَۗ قُلْ فَمَنْ يَّمْلِكُ مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا اِنْ اَرَادَ اَنْ يُّهْلِكَ الْمَسِيْحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَاُمَّهٗ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ۗوَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۗ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Sungguh, telah kafir orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al-Masih putra Maryam beserta ibunya dan seluruh (manusia) yang berada di bumi?” Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dia menciptakan apa yang Dia Kehendaki. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement