Ahad 01 Oct 2017 19:39 WIB

Pesan Presiden Jokowi ke Pebisnis Kopi

Red: Citra Listya Rini
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR  -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Ngopi Sore mendorong pebisnis minuman kopi untuk mempromosikan sektor hulu industri kopi di Indonesia.

"Menurut saya yang lebih penting, keuntungannya justru jauh lebih banyak apabila kita bisa melihat proses bisnisnya sampai betul-betul tersajikannya kopi itu di pembeli atau konsumen. Karena justru keuntungan yang terbesar ada disitu," kata Presiden dalam sambutannya di Istana Bogor, Ahad (1/10) sore.

Presiden mengatakan budidaya kopi penting untuk dilakukan. Namun, dengan promosi di sektor hulu akan mengangkat harga komoditas bagi petani kopi. Kepala Negara mengajak pebisnis komoditas kopi juga mengembangkan bisnis ke arah penyajian minuman kopi.

"Saya kira anak-anak muda kita dengan membangun sebuah pascapanen yang baik, packaging yang baik kemudian memprosesnya dengan barista-barista yang baik dan menjualnya tidak melalui cara yang biasa, bisa dengan online store, toko online, saya kira ini akan lebih gampang kita masuk dan bertarung di pasar dunia," kata Presiden.

Presiden mengajak semua pemangku kepentingan industri kopi untuk membesarkan nama Indonesia di tingkat global melalui sejumlah varietas kopi yang beragam.

"Saya kira banyak daerah-daerah baik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk di Papua memiliki kesempatan untuk membesarkan Indonesia sebagai produsen kopi terbesar di dunia karena memang lahannya ada," ujar Presiden.

Presiden Ngopi Sore bersama sejumlah pelaku bisnis minuman dan komoditas kopi Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement