Ahad 15 Oct 2017 17:03 WIB

Semen Padang Ikut Bersih-Bersih Pantai Padang

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Satya Festyiani
Sekitar 2.500 warga ikut bersih-bersih Pantai Padang, Ahad (15/10). Kegiatan ini diinisasi oleh Kementerian BUMN, bersama dengan sejumlah BUMN di Kota Padang.
Foto: Republika/Sapto Andika Candra
Sekitar 2.500 warga ikut bersih-bersih Pantai Padang, Ahad (15/10). Kegiatan ini diinisasi oleh Kementerian BUMN, bersama dengan sejumlah BUMN di Kota Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Aksi bersih-bersih Pantai Muaro Lasak, bagian dari Pantai Padang, diramaikan oleh sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satunya adalah PT Semen Padang, anak usaha dari PT Semen Indonesia Tbk (SMGR). Acara yang digelar pada Ahad (15/10) ini merupakan rangkaian program BUMN untuk Negeri.

"Program ini sangat relevan dengan strategi CSR. Salah satu pilarnya yaitu elok nagari, yang peduli terhadap lingkungan sehingga kita mendukung penuh acara ini," jelas Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis, Ahad (15/10).

Menurutnya, permasalahan sampah di Kota Padang memerlukan perhatian khusus. Selain aksi penanganan sampah, lanjutnya, juga diperlukan aksi preventif untuk mencegah sampah yang kembali menumpuk.

"Kita berharap masyarakat menjadikan budaya buang sampah ke tempat sampah bisa dimulai dari rumah. Sehingga budaya buang sampah ke sungai tidak ada lagi," katanya.

Aksi nyata bersih-bersih pantai Padang merupakan salah satu bentuk kegiatan BUMN dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri. Acara itu diikuti oleh semua BUMN yang ada di Sumbar dengan PT Semen Padang sebagai penyelenggara utama. BUMN yang ikut acara ini termasuk Inna Hotels dan Resort, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, PT Semen Indonesia, PT Semen Padang, Permodalan Nasional Madani (PNM), Wika, Adhi Karya, Hutama Karya, Waskita, dan PP.

Kegiatan dimulai pukul 06.30, yang dipusatkan di dua titik, yakni pantai Muaro Lasak dan pantai Muaro. Diperkirakan, peserta yang ambil bagian dalam kegiatan itu mencapai 3 ribu orang. Mereka berasal dari karyawan BUMN yang ada di Sumbar, siswa sekolah Adiwiyata, relawan kebersihan dari masing-masing kecamatan di Kota Padang, TNI, dan komunitas-komunitas yang ada di Kota Padang. Panitia juga mengundang masyarakat umum untuk ikut dalam aksi ini.

Di sela-sela acara juga diadakan beberapa perlombaan dan pembagian door prize bagi peserta. Perlombaannya untuk siswa dengan pengumpulan sampah terbanyak.

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan, Semen Padang berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Salah satunya dengan penyediaan becak sampah. "Becak sampah diharapkan bisa membantu dalam menyelesaikan hal ini," jelasnya.

Iskandar menyebutkan, becak sampah bantuan Semen Padang sebetulnya telah ada sejak beberapa tahun lalu. Bantuan becak sampah rutin diberikan satu kali setahun sejak beberapa tahun lalu.

"Semoga aksi ini tidak hanya sampai di sini, namun juga bagaimana mengubah kebiasaan dan istiqamah agar tidak buang sampah ke sungai," katanya.

Sebagai dukungan untuk penataan pantai Padang, pada 2015 lalu, PT Semen Padang memberikan bantuan 10 unit kios yang diperuntukkan bagi pedagang makanan di Lapau Panjang Cimpago (LPC) Pantai Padang. Pembangunan kios tersebut merupakan bentuk corporate social responsibility (CSR) untuk menunjang kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Nilai bantuan yang diberikan PT Semen Padang pada saat itu sebesar Rp 700 juta. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement