Kamis 26 Oct 2017 20:45 WIB

Pemuda Purwakarta Gelar Pameran Buku dan Seminar Literasi

Red: Irwan Kelana
Suasana Purwakarta Youth Festival yang digelar di Purwakarta, 24-28 Oktober 2017.
Foto: Dok PAB
Suasana Purwakarta Youth Festival yang digelar di Purwakarta, 24-28 Oktober 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA  -- Menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017,  para pemuda  Purwakarta, Jawa Barat,  menggelar acara Purwakarta Youth Festival. Hal itu sebagai bukti semangat pemuda di era globalisasi.

Purwakarta Youth Festival yang diinisiasi oleh Komunitas Pemuda Purwakarta merancang agenda yang patut diapresiasi oleh pemerintah daerah.  Salah satu di antaranya pameran buku yang digelar sejak Selasa (24/10) hingga rangkaian acara Purwakarta Youth Festival 2017 berakhir  pada Sabtu (28/10).

Pameran buku tersebut terselenggara atas kerja sama panitia dengan  beberapa penerbit dari Jakarta dan Bandung.  Pameran  dibuka oleh Kasi kepemimpinan dan Kepeloporan Pemkab Purwakarta  Eman Sunarya, Selasa (24/10).

 

“Pameran buku di Purwakarta harus menjadi agenda tahunan, karena di Purwakarta acara ini sangat jarang dilaksanakan. Untuk itu, kami selaku bagian kepemudaan dari Dinas Disporaparbud  mengucapkan terima kasih kepada panitia,” ujarnya.

Selain pameran buku, ada pula seminar gerakan literasi sekolah (GLS) yang mengusung tema  Literasi Sebagai Identitas Bangsa di Era Digital. Seminar  yang digelar di Pendopo Pemda Kabupaten Purwakarta, Kamis (26/10) itu  dibuka oleh Kepala Dinas Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, H  Agus Hasan Saepudin.

Seminar diikuti 72 peserta dan menampilkan pembicara Lilis Latifah  (fasilitator WJLRC-LRCKB). Moderator  adalah Pipin Tresnawati.

Panitia seminar yang juga Ketua Forum Lingkar Pena Purwakarta Nur Aisyah menjelaskan, tujuan seminar GLS mengajak guru-guru untuk mengimplementasikan literasi bagi siswa. “Selain itu budaya literasi dapat ditularkan kepada masyarakat, sehingga masyarakat melek terhadap  informasi-informasi yang akurat, bukan hoax,” kata Nur Aisyah.

Dalam penyampaian materinya, Lilis Latifah mengemukakan,  penting sekali  membiasakan anak membaca harus karena menyukai, bukan sebuah keterpaksaan. “Bebaskan apa yang anak baca, seperti anak suka baca mengenai memasak. Bisa saja nanti dia menjadi koki yang luar biasa,” ujarnya.

Namun, tak cukup hanya membaca saja. Perlu saja melatih anak mereview buku yang dia baca.  “Jika anak sudah menyukai membaca,  maka perlu adanya pembiasaan mereview buku yang telah dibaca,” ujar Lilis Latifah.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا لَكُمْ اَلَّا تُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلِلّٰهِ مِيْرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا يَسْتَوِيْ مِنْكُمْ مَّنْ اَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْظَمُ دَرَجَةً مِّنَ الَّذِيْنَ اَنْفَقُوْا مِنْۢ بَعْدُ وَقَاتَلُوْاۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ࣖ
Dan mengapa kamu tidak menginfakkan hartamu di jalan Allah, padahal milik Allah semua pusaka langit dan bumi? Tidak sama orang yang menginfakkan (hartanya di jalan Allah) di antara kamu dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tinggi derajatnya daripada orang-orang yang menginfakkan (hartanya) dan berperang setelah itu. Dan Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Hadid ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement