Jumat 27 Oct 2017 14:34 WIB

Gowa, Perintis Pendidikan Gratis di Sulsel

Red: Esthi Maharani
Pendidikan Gratis (ilustrasi)
Foto: commons.wikimedia.org
Pendidikan Gratis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan yang menjadi pembicara dalam "Indonesia Science Expo 2017" diselenggarakan LIPI, mampu menginspirasi para pemuda untuk terus bekerja keras. Ia pun menceritakan upayanya untuk mengembangkan Kabupaten Gowa sebagai kota pendidikan di Sulawesi Selatan.

Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia itu mengatakan, Kabupaten Gowa adalah daerah penyangga kota Makassar yang terus berupaya bisa sejajar dengan kota terkemuka lainnya di Indonesia. Diungkapkannya, Kabupaten Gowa adalah perintis pendidikan gratis di Sulsel pada masa pemerintahan Ichsan Yasin Limpo yang tidak lain adalah ayahnya sendiri.

Di tangannya, hal tersebut tetap dilakukan dan dibarengi dengan terobosan-terobosan seperti menjadikan Gowa sebagai kabupaten pendidikan yang pertama di Sulawesi Selatan. Inovasi program pendidikan yang dilakukan seperti pendidikan gratis yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2009 tentang pendidikan.

"Inovasi yang sudah dibuat dan menjadi pelengkap program pendidikan itu seperti, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang tidak mengenal tinggal kelas, iman dan taqwa (Imtaq) Indonesia, Punggawa D'Emba yang merupakan inovasi metode pembelajaran dan program pendidikan lainnya," katanya.

Selain di sektor pendidikan, Adnan juga banyak berbicara terkait kesehatan gratis yang selama ini sudah berjalan di Gowa, meskipun belakang diharuskan berintegrasi dengan BPJS. "Kami di Gowa juga membangun masyarakat religius melalui program Jumat Ibadah," ungkapnya.

Adnan juga mengungkapkan jika di bawah pemerintahannya, meskipun fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), tetapi infrastruktur tetap juga diperhatikan. "Seperti program pengalokasian 20 persen dari APBD untuk pembangunan dan perbaikan indrastruktur jalan. Utamanya, jalan-jalan penghubung desa," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement