Jumat 03 Nov 2017 13:53 WIB

Halaman Stadion Manahan Dipenuhi Penjual Jersey Persija

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Pedagang jersey Persija di halaman Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Pedagang jersey Persija di halaman Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Laga big match antara Persija Jakarta versus Persib Bandung akan berlangsung beberapa jam lagi di Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11). Laga panas yang kerap disebut sebagai el clasico Indonesia ini diserbu oleh penonton dari the Jakmania, penggemar Macan Kemayoran.

Suporter Maung Bandung yakni bobotoh tidak diperkenankan hadir demi mencegah bentrok antarsuporter. The Jakmania dikenal sebagai salah satu kelompok suporter terbesar di Indonesia. Kesetiaan suporter membuat jarak yang jauh dari Jakarta ke Solo bukan menjadi hambatan. Sebanyak 23 ribu tiket yang disediakan panitia pelaksana ludes terjual.

Momentum keramaian The Jakmania di Stadion Manahan Solo dimanfaatkan oleh para pengerajin dan penjual pernak-pernik Persija dan The Jakmania untuk meraup rezeki.

Pantauan Republika.co.id, di halaman stadion markas Persis Solo ini terlihat sangat ramai dengan penjual kostum Persija, syal, bendera, dan kaos-kaos bertuliskan kata-kata tentang The Jakmania. Segala pernak pernik Persija dan The Jak ini punya warna bervariasi mulai dari oranye, oranye campur putih, merah putih, dan hitam. Warna-warna tersebut representasi warna jersey yang dikenakan Bambang Pamungkas dan kawan-kawan sepanjang Liga 1 musim ini.

Isan, penjual jersey Persija mengatakan, ia dan kawan-kawan bersyukur dengan adanya big match ini. Pedagang asal Bogor, Jawa Barat, tersebut meraih omzet lebih banyak dari hari-hari biasa. "Omzet kami tergantung laga. Kalau Persija vs Persib itu kami bisa dapat dua kali lipat bahkan lebih," kata Isan.

Hari-hari biasa, Isan dan kawan-kawan meraup uang hasil penjualan Rp 3 juta. Jika Persija vs Persib, ia pernah mendapatkan sampai Rp 7 juta.

Hari ini, Isan belum menghitung jumlah produknya yang terjual. Tapi melihat cukup banyaknya transaksi jual beli pada hari ini, Isan optimistis bisa mendapatkan uang Rp 7 juta lagi.

Senada dengan Isan, Umar Hadiana, penjual syal Persija, juga selalu panen rezeki setiap partai big match Persija vs Persib. Umar tak mau menyebutkan detail omzet yang ia dapatkan dari laga panas ini sebelumnya. Tapi yang pasti, kata dia, penjualan meningkat drastis karena para penggemar kesebelasan tak akan berpikir panjang untuk membeli barang dagangan itu.

Duel Persija vs Persib akan dimulai pukul 15.00 WIB. Kawasan Stadion Manahan sudah mulai ramai dengan The Jakmania yang datang Jakarta dan kota lainnya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement