Rabu 08 Nov 2017 07:52 WIB

Perusahaan Israel Tuduh Apple Curi Teknologinya

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini
iPhone 7
Foto: GSM Arena
iPhone 7

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Perusahaan rintisan Israel, Corephotonics Ltd yang berbasis di Tel Aviv, telah melayangkan gugatan terhadap Apple Inc di pengadilan federal San Jose, California, pada Senin (6/11). Perusahaan ini menuduh pembuat Iphone itu telah menyalin teknologi kamera ponsel pintar mereka yang telah dipatenkan.

Corephotonics mengatakan teknologi dual camera mereka untuk perangkat mobile, telah digunakan oleh Apple di dalam Iphone 7 Plus dan Iphone 8 Plus tanpa otorisasi dari mereka. Perusahaan ini mengaku telah mengumpulkan modal sebesar 50 juta dolar AS dari beberapa perusahaan modal ventura dan investor lainnya.

Menurut surat gugatan, CE Corephotonics David Mendlovic mengaku telah mendekati Apple untuk menjalin kemitraan. Namun Apple yang memuji teknologi perusahaan startup ini menolak untuk melisensikan teknologi tersebut.

Menurut Mendlovic, Apple bahkan mengatakan hal itu dapat melanggar hak paten teknologi sebelumnya dan menimbulkan konsekuensi. Negosiator Apple juga dilaporkan telah menunjukkan sedikit penghinaan terhadap hak paten Corephotonics.

"Negosiator utama Apple mengatakan kepada Dr. Mendlovic dan yang lainnya bahwa bahkan jika Apple melanggar, diperlukan waktu bertahun-tahun dan biaya jutaan dolar untuk proses pengadilan sebelum Apple mungkin harus membayar sesuatu," tulis gugatan tersebut.

Banyak ponsel pintar kelas atas memiliki sistem dual camera yang bisa memperbesar tampilan tanpa kehilangan kualitas gambar. Apple memiliki hak patennya sendiri pada teknologi dual camera mereka.

Melalui putaran pendanaan terakhirnya pada Januari, Corephotonics berhasil mengumpulkan 15 juta dolar AS dari investor, termasuk Samsung Ventures, produsen elektronik Foxconn, dan pembuat chip MediaTek Inc. Foxconn adalah salah satu produsen kontrak Apple. Menurut Wall Street Journal, Apple juga sedang mempertimbangkan MediaTek sebagai pemasok chip mereka.

Investor Corephotonics lainnya adalah Magma VC, Amiti Ventures, miliarder Hong Kong Li Ka-shing, dan Horizon Ventures milik Solina Chau, serta pembuat layanan penyimpanan flash SanDisk dan penyedia layanan telepon Cina CK Telecom.

Di pengadilan, Corephotonics diwakili oleh Quinn Emanuel Urquhart & Sullivan, firma hukum yang juga bekerja untuk Samsung Electronics Co dalam proses litigasi patennya dengan Apple.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

(QS. At-Tahrim ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement