Rabu 08 Nov 2017 17:11 WIB

Peserta Antusias Test Event Menembak Asian Games 2018

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Siluet petembak mengikuti Pelatnas SEA Games 2017 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Jumat (28/7). Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) menerjunkan enam atlet menembak dalam SEA Games 2017 Malaysia.
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Siluet petembak mengikuti Pelatnas SEA Games 2017 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Jumat (28/7). Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) menerjunkan enam atlet menembak dalam SEA Games 2017 Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Test Event Asian Games 2018 cabang menembak yang bertajuk "Indonesia Shooting Competition 2017" memunculkan antuasiasme tinggi dengan banyaknya peserta dari beberapa provinsi di Indonesia. Tercatat 149 atlet mengikuti test event ini.

Oleh karena itu, PB Perbakin menentukan kuota sebanyak dua orang atlet untuk nomor individu dan dua tim untuk nomor mixed team dari masing-masing provinsi. Sebanyak 17 nomor di test event ini menjadi pemicu tingginya animo peserta. Jumlah itu tak jauh berbeda dengan 18 nomor yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 mendatang.

Nomor yang akan dipertandingkan untuk individu putra terdiri dari 10m air pistol, 10m air rifle, 10m running target, 10m running target mixed, 25m rapid fire pistol, trap men, skeet men, dan 300m standard rifle 3 position.

Sedangkan, untuk individu putri dipertandingkan nomor 10 m air pistol, 10m air rifle, 25m pistol, 50m rifle 3 position, trap women, dan skeet women. Kemudian kategori mixed team, terdiri dari 10m air pistol mixed team, 10m air rifle mixed team dan trap mixed team. Plus satu nomor yang tidak dipertandingkan di test event ini, 10m running target mixed putra.

"Nomor itu tidak dipertandingkan di test event karena pesertanya tidak terlalu banyak. Selain itu alasan lainnya, kami tengah mempersiapkan atlet pelatnas di nomor ini try out ke Hungaria pada pertengahan November. Dan nomor ini menjadi salah satu andalan kami," kata Sarozawato Zai dari Komisi Pembinaan dan Prestasi Bidang Tembak Sasaran Perbakin.

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menyambut positif atas usaha Perbakin di test event yang menggelar hampir semua nomor Asian Games 2018.

"Cabang menembak termasuk yang menyediakan banyak medali sehingga peluang itu harus benar-benar dimanfaatkan Indonesia untuk mendulang medali emas. Selain di nomor pistol, kans atlet kita di nomor shoot gun juga besar sehingga kami mendukung usaha PB Perbakin agar memiliki nomor-nomor unggulan," ujar Sekjen INASGOC Eris Herryanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement