Rabu 08 Nov 2017 19:35 WIB

Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Tiket untuk Para Veteran

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Endro Yuwanto
Para veteran menujukkan tanda jasa dan kehormatan (ilustrasi).
Foto: Antara
Para veteran menujukkan tanda jasa dan kehormatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memberikan pelayanan spesial saat Hari Pahlawan pada 10 November 2017 untuk seluruh anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, pada hari itu seluruh anggota LVRI bisa mendapatkan tiket gratis kereta api untuk pemberangkatan 10 November 2017.

Edi mengatakan, para anggota LVRI dapat menggunakan kereta api secara cuma-cuma khusus pada 10 November 2017 mulai pukul 00.01 WIB. "Pemberangkatan ini untuk kereta api jarak jauh dan jarak menengah baik kereta api bersubsidi atau public service obligation (PSO) maupun kereta api komersial dengan jumlah total sebanyak 192 perjalanan kereta api," kata Edi dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/11).

Untuk mendapatkan promo tersebut, Edi menuturkan, tiket hanya bisa didapatkan di seluruh stasiun pelayanan pembelian tiket. Hanya saja, syarat yang harus dilengkapi yaitu dengan memberikan foto kopi kartu anggota LVRI yang bersangkutan.

Di luar 10 November, lanjut Edi, KAI tetap memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI yang selama ini diterapkan sebesar 50 persen setiap Selasa sampai Kamis. "Kecuali hari besar atau hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan dan 30 persen pada Jumat sampai Senin dan hari besar atau hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan," jelas dia.

Selanjutnya, bagi anggota LVRI yang telah memiliki tiket kereta api jarak jauh dan jarak menengah untuk keberangkatan 10 November 2017, dapat mengambil pengembalian bea 100 persen di stasiun tujuan atau stasiun kedatangan. Tentu, lanjut Edi, dengan menyerahkan tiket atau boarding pass di loket stasiun sampai dengan tiga hari setelah jadwal kedatangan KA penumpang yang bersangkutan.

Selain itu, tiket tersebut dapat dibatalkan namun tidak dapat diubah jadwalnya. Tiket tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya. "Pada saat proses boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli. Pemberlakuan tiket gratis di Hari Pahlawan ini sebagai bentuk apresiasi KAI kepada para veteran yang telah berjasa terhadap kemerdekaan RI," jelas Edi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement