Rabu 08 Nov 2017 20:53 WIB

Tim Siluman Awasi Personel Bandel Saat Operasi Zebra

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan
Kakorlantas Irjen Royke Lumowa
Kakorlantas Irjen Royke Lumowa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa memastikan akan melakukan penindakan pada setiap personelnya yang bandel saat menggelar Operasi Zebra. Polri pun telah menyiapkan tim khusus penindak polisi bandel dalam operasi zebra tersebut.

"Dihukum, di dalam setiap tim dalam operasi zebra, kita juga punya tim untuk menindak anggota yang nakal seperti Provost, Propam," ujar Royke di Ancol, Jakarta Utara (8/11).

Royke menyebut, tim tersebut seperti 'tim siluman' untuk mengawasi para personel operasi zebra. Mereka pun tidak bertindak secara sembarangan. "Anggota yang sedang bertugas itu enggak sembarangan, dia diawasi juga dengan Propam," katanya.

Royke menyebutkan, selama penindakan terdapat beberapa jenis pelanggaran yang dilakukan personel. Pelanggaran tersebut berupa intimidatif, arogansi atau pungutan.

"Damai kadang-kadang pelanggar mau cepet, ada pantauan itu biasanya ada perwira," ucapnya.

Anggota pun diimbau melaksanakan operasi itu dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur dilengkapi surat perintahnya dan melihat pelanggaran berdasarkan target. Saat ini, Korps Lalu Lintas bersama sejumlah instansi terkait tengah melakukan operasi Zebra. Operasi ini digelar mulai 1 hingga 14 November 2017 dengan tujuan menekan pelanggaran dan meminimalisasi kecelakaan akibat pelanggaran.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِذَا لَقِيْتُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَضَرْبَ الرِّقَابِۗ حَتّٰٓى اِذَآ اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا الْوَثَاقَۖ فَاِمَّا مَنًّاۢ بَعْدُ وَاِمَّا فِدَاۤءً حَتّٰى تَضَعَ الْحَرْبُ اَوْزَارَهَا ەۛ ذٰلِكَ ۛ وَلَوْ يَشَاۤءُ اللّٰهُ لَانْتَصَرَ مِنْهُمْ وَلٰكِنْ لِّيَبْلُوَا۟ بَعْضَكُمْ بِبَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ قُتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَلَنْ يُّضِلَّ اَعْمَالَهُمْ
Maka apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir (di medan perang), maka pukullah batang leher mereka. Selanjutnya apabila kamu telah mengalahkan mereka, tawanlah mereka, dan setelah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang selesai. Demikianlah, dan sekiranya Allah menghendaki niscaya Dia membinasakan mereka, tetapi Dia hendak menguji kamu satu sama lain. Dan orang-orang yang gugur di jalan Allah, Allah tidak menyia-nyiakan amal mereka.

(QS. Muhammad ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement