Rabu 22 Nov 2017 03:11 WIB

Festival Sungai Batanghari Promosikan Pariwisata Jambi

Red: Gita Amanda
Pedagang makanan dan minuman menunggu calon pembeli di kawasan Tanggo Rajo dengan latar belakang jembatan pedestrian Gentala Arasy dan Sungai Batanghari di Jambi.
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Pedagang makanan dan minuman menunggu calon pembeli di kawasan Tanggo Rajo dengan latar belakang jembatan pedestrian Gentala Arasy dan Sungai Batanghari di Jambi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik mengatakan "Batanghari River Festival" atau Festival Sungai Batanghari yang digelar 22-25 September 2017 merupakan salah satu sarana mempromosikan pariwisata Jambi.

"Pemprov Jambi akan menyelenggarakan Batanghari River Festival yang dipusatkan di kawasan wisata Tanggo Rajo, Kota Jambi," katanya di Jambi, Selasa (21/11).

Erwan berharap Batanghari River Festival tersebut mampu mempromosikan pariwisata Jambi dan menjadi iven inti provinsi itu pada tahun-tahun mendatang. Selain itu, Erwan berharap agar festival yang terdiri dari berbagai kegiatan tersebut menghasilkan efek ganda bagi masyarakat dan daerah di Provinsi Jambi, terutama untuk peningkatkan perekonomian masyarakat.

Erwan menjelaskan, Batanghari River Festival terdiri dari pameran, bazar, seni pertunjukan, lomba tari dan lagu daerah seluruh kabupaten/kota, carnaval busana kreasi batik dari para desainer Jambi dan paguyuban.

Kemudina ada pelepasan 1.000 lampion, permainan sinar laser, tampilan musik dan puisi, permainan biola cilik geisha dan demo kopi khas Jambi dari 16 pelaku usaha kopi se-Provinsi Jambi dan makan berawang bersama mengangkat seni budaya tradisi kearifan lokal.

"Atraksi budaya ini merupakan atraksi wisata yang akan menjadi suguhan bagi wisatawan yang berkunjung ke Jambi," ujar Erwan.

Tidak hanya itu, lanjut Erwan, festival itu juga dimeriahkan dengan lomba pemilihan putra-putri Sapta Pesona serta lomba tari dan lagu untuk mengangkat keindahan budaya dan alam Provinsi Jambi yang sangat indah dan sudah termasuk dalam salah satu tujuan wisata nasional dengan obyek wisatanya.

Erwan juga mengungkapkan, Batanghari River Festival sudah teragendakan setiap tahun menjadi CoE (Calender of Event) di Kementerian Pariwisata bersama dengan Festival Kerinci, yang pada tahun 2018 masuk dalam 100 iven Wonderful Indonesia.

"Provinsi Jambi memiliki daya tarik sendiri dan sangat unik, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, kita gencar melakukan promosi destinasi wisata unggulan kita," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement