Selasa 28 Nov 2017 10:42 WIB

10 Negara Ikut Test Event Sepak Takraw Asian Games 2018

Red: Endro Yuwanto
Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sebanyak 10 negara mengikuti uji pertandingan (test event) Asian Games cabang olah raga sepak takraw di Gedung Olah Raga Kompleks Olah Raga Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) pada 28 November hingga 2 Desember 2017.

Presiden Asian Sepaktakraw Federation (Astaf) Abdul Halim mengatakan negara-negara yang siap mengikuti uji tanding takraw itu, di antaranya Singapura, Malaysia, Iran, Korea, Cina, Jepang, dan Indonesia. "Korea dan Cina sudah tiba di Palembang tadi malam," kata Abdul Halim, Selasa (28/11).

Halim mengatakan, kendati proses pembangunan dan renovasi fasilitas dan arena pertandingan (venue) masih berlangsung, tapi ajang uji tanding itu bisa dilaksanakan karena sebenarnya Kompleks Olah Raga Jakabaring Palembang sudah sangat memadai digunakan.

"Saya yakin Sumsel pasti bisa menjadi tuan rumah yang sukses saat Asian Games 2018 nanti, karena sudah berpengalaman menggelar kegiatan SEA Games dan lainnya. Untuk test event, sudah tentu dapat terlaksana dengan baik," jelas Halim.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB PSTI) Asnawi A Rahman didampingi Kabid Hubungan Luar Negeri PB PSTI Islah Taufik mengatakan, selain menyiapkan penyelenggaraan uji pertandingan, organisasi juga menyiapkan tim nasional yang bakal diturunkan pada ajang ini.

"Timnas baru saja mengikuti uji coba di Taiwan dalam pertandingan ekshibisi. Tim ini akan melanjutkan ke kejuaraan internasional di India pada 2 November 2017 dan pulang dari India akan lanjut test event Asian Games 2018 di Palembang," kata Asnawi.

Terkait pengerjaan venue, Tazril Rusdi selaku pelaksana dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumsel menyebutkan, ada dua venue yang diupgrading, yakni GOR Dempo dan GOR Ranau.

Provinsi Sumsel selaku salah satu tuan rumah Asian Games 2018 telah menggelar uji tanding sejak awal tahun, dimulai dari cabang olah raga triathlon, voli pantai, tenis lapangan yang sedang berlangsung, dan menyusul sepak takraw dan menembak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement