Senin 04 Dec 2017 12:37 WIB

Pemkot Mataram Siap Hadapi Cuaca Ekstrem

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah
Cuaca ekstrem (ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Cuaca ekstrem (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Pemerintah Kota Mataram mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem dengan menggelar rapat siaga bencana. Asisten Pemerintahan dan Kesra Mataram Martawang mengatakan, rapat siaga bencana merupakan bentuk antisipasi Pemkot Mataram dalam mengantisipasi dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem.

"Untuk menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Kota Mataram, Pemerintah Kota Mataram bersiap menghadapi potensi bencana yang mungkin timbul," ujar Martawang dalam rapat siaga bencana di Mataram, NTB, Senin (4/12).

Martawang menyampaikan dalam menghadapi cuaca ekstrem yang kemungkinan akan melanda, Pemkot Mataram telah siap menghadapi segala bentuk bencana yang mungkin akan timbul seperti banjir dan angin kencang.

Antisipasi bencana tersebut mulai dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman beserta Satpol PP dengan melakukan perantingan pohon-pohon yang sekiranya menimbulkan gangguan saat hujan dan angin. Martawang melanjutkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kota Mataram sebagai Koordinator Lapangan (Korlap) bencana, bertugas mengkoordinir pelaksanaan kesiaga bencanaan yang akan terjadi di Kota Mataram.

"BPPD bersiap membangun posko bencana di tempat strategis dan akan mendirikan posko darurat di halaman pendopo wali kota bila diperlukan. Hal ini penting dilakukan bila bencana harus ditangani cepat," lanjut Martawang.

Martawang melanjutkan, skala kebencanaan yang terjadi di Kota Mataram harus segera ditangani oleh Korlap melalui koordinasi dengan camat dan lurah di daerah bencana. Camat diinstrusikan cepat tanggap dalam menanggulangi bencana yang terjadi di wilayahnya dan segera menginformasikan kejadian terkini kepada Korlap. "Semua kita kerahkan untuk antisipasi bencana," lanjut Martawang.

Dengan adanya koordinasi dan persiapan yang matang dengan semua stakeholder terkait, lanjut dia, Kota Mataram siap menghadapi cuaca ekstrem. Rapat siaga bencana di ruang rapat Asisten I Mataram dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs M Saleh, beberapa kepala OPD terkait seperti BPPD, Dinas Perkim, PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Kabag Organisasi, Kabag Pemerintahan dan para Camat se-Kota Mataram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement