Rabu 06 Dec 2017 14:11 WIB

Learn X Bagi Wawasan Perfilman di Sail Sabang

Red: Yudha Manggala P Putra
Syuting film
Foto: Dok Putaar Films
Syuting film "Kalam Kalam Langit".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berbagi wawasan mengenai perfilman melalui Learn X atau Learn from the Expert di tengah Bioskop Misbar yang digelar dalam kegiatan Sail Sabang 2017.

Direktur Fasilitasi Infrastruktur Fisik Bekraf Selliane Halia Ishak dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (6/12), berharap melalui kegiatan itu para peserta bisa memahami seluk beluk dan bagaimana cara memulai produksi sebuah film.

"Acara ini merupakan kesempatan yang bagus untuk menyerap ilmu perfilman dari para expert (ahli). Mudah-mudahan bisa lahir 'film maker' (pembuat film) yang berkualitas dari Kota Sabang di masa yang akan datang," ujarnya.

Learn X merupakan singkatan dari Learn from the Expert, sebuah kegiatan yang menghadirkan para ahli untuk berbagi pengalaman dan inspirasi di bidang tertentu. Kali ini, tema yang diusung dalam Learn X adalah dunia perfilman.

Kegiatan itu menghadirkan dua ahli yakni pengamat film Totot Indrarto dan Ahmad Fauzan, salah satu pembuat film dari Aceh. Keduanya berbagi wawasan dan pengalamannya kepada puluhan peserta dari berbagai kalangan seperti siswa SMA, komunitas, para santri dan peserta umum.

Ahmad Fauzan menilai pentingnya kegiatan tersebut bagi para perintis perfilman di Aceh. Kepada para peserta, salah satu tokoh komunitas film tertua di Aceh Tikar Pandan itu menekankan tiga aspek penting bagi para pemula dalam proses pembuatan film.

Ketiga aspek itu yakni pencahayaan, warna dan "setting" latar belakang. Ketiganya, menurut dia, tidak boleh diabaikan meski untuk film sederhana sekali pun.

"Ke depan, program ini bisa terus diberi bobot dengan tema dari 16 aspek ekraf (ekonomi kreatif) lain selain film. Sehingga komunitas-komunitas kreatif dalam bidang itu bisa tumbuh dengan pendekatan Learn X yang rileks dan aktual," ungkapnya.

Fauzan berharap para peserta dapat memulai kegiatan-kegiatan seni film dan seni pertunjukan dengan fasilitas yang telah diberikan oleh Bekraf.

Sebelumnya, Bekraf juga telah bekerja sama dengan salah satu televisi swasta untuk menggelar program Learn X di berbagai daerah dengan tema yang berbeda, seperti di Labuan Bajo (kain tenun dan kriya kayu), Batang (batik) serta upaya peningkatan kualitas pahat di Kabupaten Nias awal September lalu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ تُلْقُوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ كَفَرُوْا بِمَا جَاۤءَكُمْ مِّنَ الْحَقِّۚ يُخْرِجُوْنَ الرَّسُوْلَ وَاِيَّاكُمْ اَنْ تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ رَبِّكُمْۗ اِنْ كُنْتُمْ خَرَجْتُمْ جِهَادًا فِيْ سَبِيْلِيْ وَابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِيْ تُسِرُّوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَاَنَا۠ اَعْلَمُ بِمَآ اَخْفَيْتُمْ وَمَآ اَعْلَنْتُمْۗ وَمَنْ يَّفْعَلْهُ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal mereka telah ingkar kepada kebenaran yang disampaikan kepadamu. Mereka mengusir Rasul dan kamu sendiri karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Ku dan mencari keridaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang, dan Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sungguh, dia telah tersesat dari jalan yang lurus.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 1)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement