Jumat 08 Dec 2017 17:50 WIB

Sinabung Semburkan Abu Vulkanis Hingga 3 Km

Rep: Issha Harruma/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gunung Sinabung erupsi. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Tibta Peranginangin
Gunung Sinabung erupsi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Gunung Sinabung di kabupaten Karo, Sumut, kembali erupsi hari ini, Jumat (8/12). Kali ini, gunung berstatus Awas atau Level IV itu menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian hingga 3 km.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi tersebut terjadi sekitar pukul 14.57 WIB. "Erupsi terjadi dengan tinggi kolom 3.000 meter dan lama gempa 762 detik," kata Armen, Jumat (8/12).

Armen mengatakan, saat erupsi, angin bertiup lemah-sedang ke arah selatan-barat daya. Dia pun kembali mengimbau masyarakat untuk tetap menjauhi zona merah Sinabung yang telah ditentukan.

Masyarakat dan wisatawan diminta tidak beraktivitas di dekat Sinabung karena awan panas dan guguran lava, serta erupsi masih berpotensi terjadi. "Masyarakat diminta juga mengikuti imbauan-imbauan dari pihak terkait," ujar dia.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada dan menggunakan masker jika terjadi erupsi. Warga pun diminta mengantisipasi tingginya curah hujan saat ini yang dapat memicu lahar dingin. "Jika hujan, diimbau waspadai, antisipasi seputar aliran lahar di sungai Lau Borus," kata Armen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement