Sabtu 09 Dec 2017 16:07 WIB

Pesan untuk Hadi, Fadli Zon: Alat Negara Jangan Berpolitik

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bilal Ramadhan
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Foto: Antara/Latiko
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fadli Zon mengatakan, menghadapi tahun politik, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang baru, Marsekal Hadi Tjahjanto akan menghadapi tantangan besar. Dalam hal ini, Fadli meminta agar Hadi menjadikan TNI sebagai alat negara, bukan alat politik.

"Saya berharap pak Hadi bisa menjadikan TNI alat negara yang berprofesional. Kalau alat negara berpolitik, negara kacau, baik TNI atau Polisi. Kami berharap TNI fokus dengan tupoksi melindungi negara maupun menghadapi ancaman separatisme," kata Fadli di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12).

Fadli menambahkan, Hadi diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya manusia personel TNI sevaik mungkin. Selain itu Hadi diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan. Itu diperlukan untuk menjaga stabilitas pertahanan dari ancaman luar.

"Tetapi jangan ikut-ikutan politik praktis, politik pilpres, politik pilkada, politik legoslatif dan sebagainya," kata Fadli.

Terkait kenetralan, Fadli mengembalikan hal tersebut pada karakter Hadi sendiri. Fadli membiarkan masyarakat menilai bagaimana nanti kenetralan Hadi. "Masyarakat juga semakin kritis kalau ada aparatur negara yang tidak netral itu gampang sekali, bisa viral itu di medsos kalau ketahuan," kata dia.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang telah tiga tahun menjabat sebagai Panglima. Marsekal Hadi dilantik oleh Presiden RI di Istana Bogor pada Jumat (8/12) dan menjalani serah terima jabatan dengan Jenderal Gatot di Mabes Polri, Cilangkap, pada Sabtu (9/12).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement