Selasa 19 Dec 2017 17:44 WIB

Jokowi Jajal Tol Sumo Gunakan Mobil Listrik

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: dok. Biro Pers Istana Negara
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Presisden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) di pintu masuk Warugunung, Surabaya, Selasa (19/12). Jokowi menjajal Tol Sumo dengan menggunakan mobil listrik karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Ezzy II.

Saat diminta berkomentar lebih jauh terkait mobil listrik yang ditumpanginya, Jokowi mengaku belum bisa berkomentar lebih banyak, karena baru mencoba mobil listrik itu dalam jarak yang pendek. Dia hanya mengungkapkan, saat menaiki mobil tersebut, dirinya masih mengalami goncangan, terutama saat pindah gigi.

"Saya belum bisa banyak mengomentari, kan masih mencoba 20 kilometer saja. Tadi pas waktu pindah gigi masih gleg-gleg," kata Jokowi.

Jokowi melanjutkan, setiap produk penelitian atau riset, termasuk mobil listrik, memang harus ditindaklanjuti secara serius supaya bisa masuk dunia industri. Meskipun, dalam upaya menindaklanjutinya tersebut tidak mudah. Namun, kata dia, pemerintah akan terus membantu menindaklanjuti, termasuk mobil listrik Esemka.

"Setiap produk riset penelitian harus ditindaklanjuti siupaya bisa masuk industri. Tapi untuk menindaklanjutinya itu tidak mudah. Permasalahannya bisa terkait uji emisi dan lain-lainnya. Tapi harus kita dukung," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement