Senin 25 Dec 2017 10:09 WIB

Sukabumi Diguncang Gempa, Dilaporkan tak Ada Kerusakan

Rep: Riga Iman/ Red: Indira Rezkisari
Alat pendeteksi gempa
Foto: Wikipedia
Alat pendeteksi gempa

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Gempa bumi kembali mengguncang Sukabumi pada Ahad (24/12) malam. Getaran gempa yang mempunyai kekuatan 4,5 skala richter (SR) ini dilaporkan tidak menimbulkan dampak kerusakan.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi ini terjadi pada pukul  22.42 WIB. Koordinat  episenter 7.83 LS dan 106.45 BT atau  tepatnya berlokasi di laut pada jarak 113 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi Jawa Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

"Hingga kini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Senin (25/12). Keterangan dari BMKG menunjukkkan gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa.

Sebelumnya, bencana gempa juga dirasakan warga Sukabumi  pada Jumat (15/12) malam pukul 23.04 WIB. Gempa itu memiliki kekuatan 4,5 SR yang berpusat di 48 kilotemer Barat Daya Sukabumi dengan kedalaman 50 kilometer.

Selanjutnya, gempa bumi cukup besar getarannya terjadi pada Jumlah malam pukul 23.47 WIB dengan kekuatan lebih besar 6,9 SR. Terakhir getaran gempa mengguncang pada Sabtu (16/12) pagi sekitar pukul 07.22 WIB dengan kekuatan 5,7 SR.

"Alhamdulilah, di Kota Sukabumi dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun kerusakan rumah, meskipun sebagian besar warga merasakan besarnya getaran gempa," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِّنْكُمْ يَقُصُّوْنَ عَلَيْكُمْ اٰيٰتِيْ وَيُنْذِرُوْنَكُمْ لِقَاۤءَ يَوْمِكُمْ هٰذَاۗ قَالُوْا شَهِدْنَا عَلٰٓى اَنْفُسِنَا وَغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَشَهِدُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ اَنَّهُمْ كَانُوْا كٰفِرِيْنَ
Wahai golongan jin dan manusia! Bukankah sudah datang kepadamu rasul-rasul dari kalanganmu sendiri, mereka menyampaikan ayat-ayat-Ku kepadamu dan memperingatkanmu tentang pertemuan pada hari ini? Mereka menjawab, “(Ya), kami menjadi saksi atas diri kami sendiri.” Tetapi mereka tertipu oleh kehidupan dunia dan mereka telah menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang kafir.

(QS. Al-An'am ayat 130)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement