Jumat 29 Dec 2017 01:10 WIB

Telkomsel Tambah BTS 4G di Papua

Red: Dwi Murdaningsih
Teknisi jaringan PT Telkomsel melakukan perawatan BTS di kawasan perkebunan Kampung Ciarileu, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/8).
Foto: ANTARA FOTO
Teknisi jaringan PT Telkomsel melakukan perawatan BTS di kawasan perkebunan Kampung Ciarileu, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Manajemen PT Telkomsel (Persero) Regional Papua-Maluku menambah BTS 4G terkait lonjakan lalu lintas komunikasi menjelang dan selama perayaan Natal 2017 serta tahun Baru 2018. "Untuk BTS 4G kami tambah 10 unit, tetapi kami juga menyiapkan tiga 'combat fun' yang akan ditempatkan di pusat-pusat keramaian," ujar Vice President ICT Network Management Telkomsel Pamasuka, Samuel Pasaribu, di Jayapura, belum lama ini.

Ia menyebut pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 35 persen dibandingkan hari biasa. "Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan pada kondisi 'traffic' paling padat sekalipun," kata dia.

Selain layanan data, Telkomsel juga memprediksi traffic layanan SMS juga akan mengalami kenaikan lebih dari 12 persen. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, traffic layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 2 persen dibandingkan hari normal.

Samuel menambahkan, dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 359 outlet Siaga di seluruh Indonesia yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital.

"Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 430 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement