Sabtu 20 Jan 2018 05:19 WIB

Asita Papua Lirik Potensi Wisata Kaimana

Potensi utama di Kaimana adalah menyelam (diving) dan snorkling

Red: Dwi Murdaningsih
Seorang bocah melompat diantara KRI Teluk Cirebon 543 saat mandi dilaut di pantai Kaimana ,Papua Barat.
Foto: Antara
Seorang bocah melompat diantara KRI Teluk Cirebon 543 saat mandi dilaut di pantai Kaimana ,Papua Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Papua melirik potensi wisata Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Keindahan alamnya dinilai bisa menjadi daya tarik wisatawan.

"Dalam waktu dekat akan ada tim dari Asita Papua survei ke Kaimana. Potensi utama di sana adalah menyelam (diving) dan selam permukaan (snorkling)," ujar Ketua Umum Asita Papua, Iwanta Parangin-Angin,  Jumat (19/1).

Meskipun Kaimana tidak berada di Papua, kata dia, dalam keorganisasian Asita diperbolehkan untuk menggali potensi di daerah lain selama itu berhubungan dengan dunia kepariwisataan. "Kalau sudah berjalan pasti kita juga bekerja sama dengan Asita Papua Barat supaya kita sama-sama jalan dan pariwisata di Tanah Papua terus berkembang," kata dia.

Dia mengatakan bahwa Asita telah mendapat informasi awal mengenai kondisi infrastruktur di Kaimana, hanya saja perlu diperdalam agar ketika dijual kepada wisatawan hasilnya sesuai dengan yang dipromosikan. Akan tetapi, ujar dia, hal yang perlu ditambah untuk mendukung pengembangan kepariwisataan di daerah itu adalah sarana transportasi yang memadai.

"Kalau penginapan di sana sudah ada walau baru sekelas hotel bintang dua.

Iwanta menuturkan dengan kondisi dunia kepariwisataan Papua saat ini, perlu ada penambahan berbagai objek wisata baru karena selama ini yang terkenal dari Papua hanya beberapa daerah.

"Turis selama ini tahunya hanya Wamena, Korowai, dan Raja Ampat saja. Padahal di Papua dan Papua Barat masih banyak tempat bagus lainnya," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement