Selasa 30 Jan 2018 17:23 WIB

Ingin Lihat Fenomena Gerhana Bulan Esok? Di Sini Tempatnya

Fenomena gerhana bulan ini terakhir kali terjadi sekitar 152 tahun yang lalu.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Warga mengabadikan gerhana bulan parsial di Banda Aceh, Aceh, Selasa (8/8).
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Warga mengabadikan gerhana bulan parsial di Banda Aceh, Aceh, Selasa (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena Gerhana Bulan Total akan dapat disaksikan masyarakat Jakarta, Rabu (31/1) besok. Sejumlah lokasi di Jakarta disiapkan untuk menyaksikan fenomena yang terakhir kali terjadi sekitar 152 tahun yang lalu tersebut.

Sebanyak tujuh lokasi disiapkan di Jakarta agar masyarakat bisa menikmati fenomena gerhana bulan total tersebut esok hari. Lokasi-lokasi tersebut bisa didatangi sejak pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Di mana saja bisa menyaksikannya? Berikut adalah lokasi yang bisa didatangi masyarakat:

1. Planetarium Taman Ismail Marzuki, Plaza Teater Jakarta

2. Monumen Nasional

3. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

4. Taman Fatahillah

5. Kepulauan Seribu

6. Taman Mini Indonesia Indah

7. Taman Impian Jaya Ancol

Salah satu lokasi yaitu Taman Impian Jaya Ancol, akan menggratiskan tiket masuk bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP). Selain itu, pihak Ancol juga akan berkoordinasi dengan pihak BMKG.

"Bersama BMKG, Manajemen Ancol akan memberikan edukasi kepada pengunjung yang akan menyaksikan sejarah yang fenomenal. Tidak hanya memberikan penjelasan mengenai peristiwa langka tersebut, nantinya pengunjung juga dapat melihat secara langsung proses Super Blue Blood Moon melalui teropong milik BMKG," kata Humas Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari.

Fenomena gerhana bulan tersebut akan terjadi pada malam hari. Oleh karena itu, pengunjung dipersilakan memasuki lokasi pada sore hari untuk nantinya menyaksikan bersama-sama fenomena alam yang langka tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement